Soal Laporan Anies Ungkap Data Lahan Prabowo, Bawaslu: Masih Dalam Proses

  • Whatsapp

Jakarta,- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menyatakan bahwa pihaknya baru menerima laporan terkait calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan soal pernyataan lahan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto 340 ribu hektare dan anggaran Rp700 triliun untuk pembelian alutsista bekas.

“Masih dalam proses, baru diterima,” ujar Bagja saat ditemui di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Awak media kemudian bertanya apakah pernyataan seorang calon di dalam debat dapat diperkarakan. Adapun menurut Bagja, kejadian melaporkan calon imbas pernyataan dalam debat tidak terjadi pada Pemilu 2019 lalu.

“Kita kan tidak bisa langsung komen sekarang,” jawab Bagja.

Lebih lanjut, Bawaslu mengaku akan melihat aturan tata tertib serta ketentuan dalam debat capres dan akan koordinasi dengan KPU.

“Teman-teman KPU pasti akan kita tanya, ini tatibnya seperti apa, dan apa yang kemudian dibuat aturannya oleh teman-teman KPU. Tentang substansinya ya. Kalau tentang bagaimana tata cara dan lain-lain kan sudah disampaikan dalam pelaksanaan debat,” jelas dia.

Terpisah, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan publik dapat menilai apa yang terjadi pada gelaran debat. Hal itu menjawab pertanyaan awak media terkait apakah pernyataan seorang calon di dalam debat dapat diperkarakan.

“Kalau saya tidak melihat situasinya ke sana, ya tentu kalau dalam konteks apa yang terjadi di debat semua publik bisa menilai, misalnya apakah itu bagian dari penghinaan, bagian dari ujaran kebencian, apalagi itu dilakukan oleh paslon kan,” kata August di kantor KPU RI, Rabu (10/1).

Berita terkait