Nomenklatur Kementerian Ditambah: Zulhas sebut Indonesia Negara Besar

  • Whatsapp
Foto: Dok. Kemendag

Jakarta,- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menanggapi soal pembentukan 40 kementerian dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, penambahan jumlah kementerian dibandingkan pemerintahan Joko Widodo itu dinilai wajar.

Zulhas juga mengaku belum mengikuti secara detail mengenai wacana penambahan nomenklatur kementerian pada pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, adanya penambahan dinilai sebagai sesuatu yang wajar, mengingat Indonesia merupakan negara besar.

“Negara Indonesia besar, ya. Kita (ada) belasan ribu pulau, penduduk hampir 280 juta lebih dan segala masalah yang ada. Kalau perlu diperbanyak, ditambah nomenklatur saya kira itu juga bagus,” kata dia, Kamis (9/5/2024) malam.

Ia menambahkan, saat ini juga isu di dunia makin berkembang. Contohnya, saat ini dunia sedang fokus untuk mengatasi isu perubahan iklim. Karena itu, bukan tidak mungkin dibentuk kementerian yang fokus menangani isu perubahan iklim.

“Saya kira karena dunia terus berkembang, keadaan terus berkembang, jadi kalau mau ditambah nomenklaturnya itu bagus,” ujar Zulhas.

Berita terkait