Juara Umum ASEAN University Games 2024, Indonesia Raih 100 Medali Emas

  • Whatsapp
Indonesia menjadi juara umum ASEAN University Games 2024. (dok. AUG 2024)

Jakarta,- Kontingen Indonesia berhasil mengamankan posisi sebagai pemuncak klasemen dalam ASEAN University Games (AUG) 2024. Kepastian itu diperoleh setelah Indonesia meraih 100 medali emas.

Tambahan 17 emas, 12 perak, dan 10 perunggul pada Kamis (4/7) membuat Indonesia meraih total 100 medali emas, 79 perak, dan 53 perunggu.

Dengan jumlah tersebut kontingen Merah Putih memastikan tak akan tergeser dari peringkat pertama kendati masih ada dua hari penyelenggaraan tersisa.

Jumlah medali yang diraih Indonesia jauh di atas Thailand yang menempati peringkat kedua dengan 36 emas, 34 perak, dan 24 perunggu. Sementara Malaysia menduduki posisi ketiga dengan 28 emas.

Di luar posisi tiga besar tidak ada lagi negara-negara yang mengumpulkan emas sebanyak double digit. Singapura dan Vietnam, yang ada di peringkat keempat dan kelima, sama-sama mengumpulkan sembilan emas.

Ketua Kontingen Indonesia Del Asri bersyukur dengan status juara umum yang telah dikunci oleh Merah Putih.

“Alhamdulillah, hari ini Kontingen Mahasiswa Indonesia bisa memastikan meraih target Juara Umum 21st AUG 2024 Surabaya-Malang saat masih ada 50 nomor pertandingan yang akan diperebutkan dalam dua hari ke depan,” ujarnya dalam rilis.

Berita terkait