Hutan Gunung Gombak di Ponorogo Dilalap Si Jago Merah

  • Whatsapp
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (Beritasatu Photo)

Ponorogo,– Kebakaran melanda hutan rakyat yang ditanami pohon jati dan alba di Gunung Gombak yang masuk Desa Tatung, Balon, Ponorogo. Si jago merah semakin meluas hingga mengancam tiga desa di bawahnya.

Diketahui, tiga desa tersebut yakni Desa Tatung dan Desa Muneng di Kecamatan Balong serta Desa Sukosari di Kecamatan Kauman.

“Titik api muncul sekitar petang tadi, atau habis magrib,” tutur Kepalda Dusun Krajan, Desa Muneng, Balong, Darto kepada wartawan, Senin (5/8/2024) malam.

Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga bersiaga dan berusaha memadamkan api, baik dengan membuat ilaran maupun sistem gepyok manual.

Anggota Pusdalops BPBD Ponorogo Ali Marsono mengatakan saat ini petugas BPBD berusaha memadamkan api dengan cara manual. Api yang berasal dari atas gunung membuat petugas harus rela mendaki dan menempuh medan yang terjal untuk memutus jalur api agar tidak sampai ke permukiman.

“Ini kita padamkan dengan cara gepyok. Kendalanya medan terlalu curam. Selain itu tiupan angin juga membuat api cepat menjalar,” kata Ali.

Berita terkait