Novalina Dilantik Jadi Pjs Gubernur Sulawesi Tengah

  • Whatsapp
Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah, Novalina, resmi dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Tengah.

Sulteng,- Novalina kini telah resmi dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Tengah. Pelantikan kali ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur selama masa cuti kampanye yang diambil oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 100.2.1.3/4204/SJ yang mempertegas aturan Cuti di Luar Tanggungan Negara (CTLN) bagi kepala daerah yang mencalonkan diri kembali, serta penunjukan Penjabat Sementara (Pjs).

Oleh karena itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat ini menjalani cuti kampanye untuk Pilgub Sulteng 2024.

Pelaksanaan kampanye Pilgub Sulteng 2024 dimulai dari 25 September sampai 23 November 2024. Novalia juga bukanlah pejabat baru di lingkup Pemprov Sulteng.

Alumni SMAN 1 Palu itu bolak balik menjadi pejabat di lingkup Pemkot dan Pemprov setelah meninggalkan Lombok.

Jebolan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN)1990 itu lama mengabdikan diri di Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Lombok.

Novalina sempat menjadi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan pada 2009-2010.

Di masa pemerintahan Gubernur Longki Djanggola, Novalina dipercaya menjabat Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sulteng 2015-2018.

Novalina kemudian diangkat menjadi Kepala Biro Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Sulteng 2018-2019.

Tak sampai di situ, Novalina juga pernah dipercaya menajabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sulteng 2019-2022.

Jabatan sementara yang saat ini dijabat oleh Novalina diharapkan dapat menjamin kelanjutan program-program pemerintahan dan layanan publik di provinsi ini hingga Gubernur Rusdy kembali bertugas setelah masa cutinya selesai. ***

Berita terkait