2017, Kelulusan Siswa Murni Keputusan Sekolah

  • Whatsapp
banner 728x90

KELULUSAN Siswa SMA Negeri dan sederajatnya di Sulawesi tengah berbeda tahun- tahun sebelumnya. tahun ini untuk keputusan kelulusan sendiri berada di sekolah masing masing. Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi tengah, hanya melakukan pemeriksaan selanjutnya menyerahkanya ke sekolah masing-masing.

Selasa 2 Mei lalu adalah pengumuman kelulusan tingkat SMA dan sederajatnya di kota Palu dan Sulawesi tengah, kebiasaan coret-coret siswa pun tidak pernah hilang. berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hasil keputusan lulus tersebut berada di tangan pemerintah baik pusat maupun provinsi. Tahun ini, keputusan lulus peserta didik ada ditangan sekolah masing-masing.

Irwan lahace, selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah menjelaskan saat ini pihak dinas hanya melakukan pemeriksaan hasil ujian baik UNBK utamanya UNKP. Dari hasil tersebut, diserahkan kembali ke sekolah masing-masing untuk mengambil keputusan lulus dan tidaknya.

Dinas Pendidikan Sulteng sendiri hanya melakukan penataan dan rangking terhadap hasil UNBK maupun UNKP. Seperti untuk program studi bahasa Indonesia, yang mendapat rangking pertama adalah Kabupaten Banggai Kepulauan. Dan rangking pertama UNBK khusus jenjang SMK diraih Kabupaten Banggai.

Menyambung maksud Kadis Pendidikan, Asrul Ahmad selaku kepala UPT Penilaian Pendidikan menjelaskan saat ini pihak telah selesai melakukan proses rangking maupun pemetaan hasil UNBK maupun UNKP. hasil pemetaan tersebut mejadi tolak ukur pencapaiaan penyerapan pendidikan di masing masing kabupaten. Dirinya pun mengakui bahwa terjadi perbedaan dengan tahun sebelumnya untuk penentuan pelulusan. Senada dengan kadis, dirinya pun mengatakan hal yang sama bahwa kelulusan merupakan keputusan dari sekolah masing masing peserta didik.

Selain itu, Irwan berharap peserta didik yang telah lulus untuk sekolah SMA agar dapat melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi, sementara peserta didik yang berasal dari SMK agar langsung bisa terjun bekrja baik sesuai skil masing masing. Mengingat SMK merupakan sekolah pencetak tenaga terampil yang langsung dapat bekerja. ‘’Yah yang SMK saya harap langsung bekerja ataupun mencari pekerjaan. karena mereka sudah dibekali dengan skill sesuai keahlian maupun program studi masing-masing,’’ ungkap Irwan. **

Reporter: A. surya lasny

Berita terkait