Pesan TDCC ke Dunia, Sulteng Aman Investasi

  • Whatsapp

Palu,- GUBERNUR Longki Danggola, memimpin rapat pemantapan pelaksanaan Tour de Central Celebes (TDCC) dan koordinasi hasil Survey kedua, di ruang rapat Polibu Gubernuran (Senin/28/08/2017). Menurut Gubernur bahwa TDCC sebagai pesan ke seluruh dunia bahwa Sulawesi Tengah aman dan nyaman untuk tempat Investasi.

Gubernur Menyampaikan harapannya apabila TDCC pertama berhasil dilaksanakan maka pelaksanaan TDCC tahun selanjutnya panjang lintasannya akan di perpanjang kita mencontoh Tour de Flores yang panjang lintasannya sudah mencapai 900 Km lebih.

Pelaksanaan Tour de Central Celebes (TDCC) dilaksanakan tanggal 6-8 November 2017 dan koordinasi hasil Survey kedua, dipimpin Gubernur dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Propinsi, Sekda Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat lamakarate, dihadiri juga Ketua Indonesia Grandprix Jamaludin Mahmood, dan Perwakilan Union Cycliste Internasionale ( UCI ).

Jamaludin Mahmood, selaku ketua Indonesia Grandprix  juga mewakili UCI, menyampaikan hasil Survey yang dilakukan terhadap rute jalan pada setiap Etafe yang dilalui TDCC, menyampaikan rasa bangga terhadap selutuh pihak yang terkait dalam pelaksanaan TDCC, kekompakannya dan kebersamaannya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan  TDCC.

‘’Hal ini semoga jadi contoh pelaksanaan iven–iven lain dimana pun, selanjutnya melihat persiapan yang ada dan komitmen Gubernur dan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan TDCC bulan ini pun sudah bisa dilaksanakan karena belum pernah saya lakukan survey sebaik ini,’’ kata Jamaludin Mohmood.

Selanjutnya Jamaludin Mohmood menyampaikan bahwa sesuai hasil survey disampaikan bahwa Etafe I TDCC Star dari Taman Khayal Tojo Una-Una – Anjungan Festival Danau Tektonik Poso, yang dilaksanakan pada tanggal 6 November, selanjutnya Etafe II Star dari Alun-alun Sintuvu Maroso – kantor Bupati Parigi Moutong dilaksanakan pada tanggal 7 November.

Selanjutnya Etafe III Star dari Kayu Bura dan finis di depan kantor Gubernur Sulawesi Tengah dilaksanakan tanggal 8 November 2017, dan panjang jalan seluruh Etafe sepanjang 491 KM. Ia menyampaikan bahwa seluruh sarana dan prasarana yang dipergunakan sudah sangat memadai demikian juga dengan akomodasi yang ada pada masing-masing kabupaten yang dilalui sudah sangat siap.

‘’Untuk memantapkan pelaksanaan saya menyampaikan rekomendasi seperti  perlu perbaikan jalan pada beberapa titik, perluasan jalan sepanjang 1,3 Km di Tentena dan Penertiban Ternak Masyarakat pada waktu pelaksanaan lomba TDCC.’’ Sarannya.

Selanjutnya Gubernur sangat mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jamaludin Momood, selaku Direktur Indonesia Grandprix dan juga mewakili UCI yang telah membantu Sulawesi Tengah untuk mensukseskan TDCC, selanjutnya Gubernur menyampaikan harapanya TDCC dapat berjalan dengan baik dan yang palig penting maksud dan tujuan dari  pelaksanaan  TDCC.

Gubernur menyampaikan bahwa tujuan utama pelaksanaan TDCC adalah untuk memperkenalkan dan mempublikasikan Potensi Sulawesi Tengah semua sisi termasuk dari Sisi Destinasi Prawisata, ”Saya Ingin Sulteng makin dikenal,’’ harap Longki. Ia juga menjelaskan mengapa harus star dari Tojo Una-Una? karena di Tojo Unauna ada destinasi wisata Togean. **

Sumber/editor: Humas pemprov/andono wibisono 

Berita terkait