DINSOS PALU LUNCURKAN E-WAR

  • Whatsapp

Palu,- KEMENTERIAN Sosial dalam hal ini Kantor Sosial Kota Palu selaku perpanjangan mandat, dalam waktu dekat ini akan segera meluncurkan program E-War atau Ekektronik Warung Gotong-Royong kepada 14 PKH atau Program Keluarga Harapan yang ada di Tanah Kaili. Hal ini disampaikan Kadis Sosial Kota Palu DRS.Nursalam di ruang kerjanya Senin (4/9/2017).

Dia menjelaskan bahwa Kota palu pada tahun ini mendapatkan Pilot Project yaitu 14 PKH yang disaring dari 12.478 penerima Raskin atau Rastra. Mereka yang terpilih menerima program tersebut akan diberikan kepercayaan untuk mengelola suatu usaha Kios atau warung yang berisikan beberapa bahan kebutuhan pokok rumah tangga untuk menjual kepada anggota kelompok itu sendiri atau juga kepada masyarakat ekonomi kebawah dilingkunganya.

Lebih jauh Nursalam mengatakan ada Dua point terkait program tersebut, seperti jasa dan warung PKH. Untuk warung PKH sendiri sudah mulai berjalan kegiatanya, sedangkan pada jasa padavtahun ini masih melakukan pembinaan pada Administrasi. Pada tgl 1 Januari 2018 programnya baru bisa dijalankan.

Penerima E-war yang dahulunya mendapatkah jatah Raskin di setiap kelurahan dan membayar beras tersebut, setelah programnya berjalan tidak akan terjadi lagi atau bantuannya langsung dilokasikan ke kartu E-war sebesar Rp110 ribu setiap bulannya. Karena mereka hanya menggesek kartu tersebut di tempat warung atau kios PKH yang ada di wilayahnya.

“Jadi pembagian Raskin bagi 12.478 penyandang masalah kesejahteraan di setiap kelurahan untuk 1 Januari 2018 tidak ada lagi, tapi mereka akan menerima Ewar sebagai gantinya dan dengan itu mereka melakukan transaksi di Kios yang telah disediakan di wilayahnya, misalnya total pembelanjaanya sekitar Rp. 70.000 dalm satu bulan, untuk bulan berikutnya Saldonya bertambah menjadi Rp. 150.000, jadi tidak ada istilah hangus sisa belanja, dan untuk urusan mentranfer dana langsung dari Kementerian, kami hanya emberi data saja,” ungkapnya.**

Reporter: Firmansyah

Berita terkait