RUN DOWN HARI KETIGA FPPN DAN PBI III

  • Whatsapp

 

KOTA PALU,- Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) II dan Pekan Budaya III telah memasuki hari yang ketiga Senin (25/9/2017). Setelah sebelumnya Jumat pukul 18.30 Witadibuka secara langsung oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbub RI Hilmar Farid, Walikota Palu DRS. Hidayat. M.si, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said serta unsur Forkompindo di Anjungan Nusantara Pantai Talise Palu dengan pemukulan bedug bersama.

Untuk jadwal acara (run down) Senin (25/9/2017) adalah sebagai berikut:

Berlokasi di Taman Budaya Provinsi Sulteng, Jl. Abd Raqi Palu Barat. Pada pukul 08.00 Wita hingga 21.00 Witadidakan pameran Maritim, pameran seni rupa se-Sulawesi, Pameran Permainan Tradisional,  pameran Kesejaharan, Pameran Diplomasi Budaya dan Pameran Koleksi Mater Piece.

Di Kampung Kaili jl. Raja Moili Pantai Talise Palu, pada hari yang sama juga diadakan kegiatan yang dimulai pada pukul 11.00 Wita hingga berakhir 24.00 wita, antara lain: Pameran Foto Sepanjang Masa, Gelar Kuliner Tradisional, Olah Raga Tradisional Kaili, Ritual Vunja, Ritual Balia Jinja, Ritual Nora Binangga, Ritual Pompaura, Aneka atraksi Permainan Rakyat, Pertunjukan Seni Tradisi Kaili dan Permainan Tradisional.

Di panggung Utama (Anjungan Palu Nomoni) pukul 19.00 hingga 20.00 Witadiadakan inetraktif 1000 Angklung oleh Bamboo angklung Tengtream Infonesia dan Lomba Paduan Suara.

Pertunjukan Seni Trasional yang Bernuansakan islam juga turut dihadirkan dalam ajang FPN. Bertempat di halaman D’Class Taman Ria Palu Barat pukul 19.30 hingga 21.45 Wita digelar Jepeng Risma Mesjid Jami dan Zamrah Tora Libu Pantoloan Boya dari Kec. Tawaili.

Dilanjutkan Rebana Tradisional Biro Buli selatan, Zamrah Asabab Nomoni Kec. Tatanga, Grup music Novel pada waktu yang sama pukul 20.00 wita, dan ditutup oleh penampilan Penyanyi Religi Islam Opick. Ritual adat Sulteng II, diadakan di Anjungan Nusantara Pantai Talise pada pukul 15.00 hingga 21.00 wita, penaqmpilan dari Kab. Toli-Toli ritual Mabosu.

Panggung Budaya Nusantara III Senin (25/9/2017) pukul 19.30 hingga berakhir 20.00 wita, berlokasi di Jl. Komodo Pantai Talise Palu menghadirkan : Raodatan/Hadra, Dana-Dana, Vocal Group, Pencak Silat (Perguruan Asad) serta Kuliner/ UKM khas Jawa.  Panggung Budaya Nusantara IV pada jam yang sama, bertempat PUsrekmas digelar Tarian Kalasata Manganda dari Kab. Donggala dan Nyanyian Tradisi. Panggung Budaya Nusantara V Sumatera Selatan, berlokasi Mesjid Terapung Pantai Taman Ria Palu pukul 19.30 Witahingga 24.00 Wita menyuguhkan Kolaborasi Lagu-lagu adat Palembang dan Kaili, serta kuliner khas Padang.

Di Panggung Budaya Nusantara VI di jam yang sama, Pulau Dewata Bali turut meramaikan Panggung Budaya Nusantara, bertempat di Jl. Raja Moili pukul 19.30 hingga 24.00 mengetengahkan  seni Jangger KMAHDI dan UPHDM, serta Prov Manado menampilkan pertunjukan Seeni Budayanya pada pukul 19.30 hingga 24.00 di Parkiran Anjungan Nuantara Pantai Talise palu.

Tidak ketinggalan pula dalam Panggung Budaya Nusantara kali ini etnis Tionghoa meramaikan Khazanah FPN, berada di Anjungan Jl. Komodo Pantai Talise pukul 19.30 hingga 21.45 wita. Diadakan pemutaran sejarah Tionghoa masuk ke Indonesia, penampilan Koko Sulteng 2017, penampilan Cici 2017, paduan suara, senam Tera Indonesia, penampilan Koko Cici 2017 dan penampilan Thiti Meimei 2017. **

Reporter: Firmansyah

Berita terkait