Iyamo; Bacabup Perseorangan Optimis Lolos

  • Whatsapp

DONGGALA,- BAKAL CALON Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Idham Pagaluma/Moh Yasin Lataka (Iyamo) optimistis lolos sebagai calon bupati dari jalur perseorangan pada pilkada serentak 2018. “Dari 190 ribu daftar pemilih tetap di Donggala kami sudah mengumpulkan persyaratak KTP melampui syarat yang ditentukan,” kata Yasin Lataka, yang dihubungi dari Palu, Sabtu, menanggapi kesiapan pilkada serentak di Donggala.

Dia mengatakan sesuai ketentuan, bakal calon bupati dari jalur perseorangan harus mengumpulkan dukungan KTP 10 persen dari daftar pemilih. “Kami juga menyiapkan cadangan untuk menjaga kemungkinan terjadinya `error` saat verifikasi data,” katanya.

Muat Lebih

Menurut dia, seluruh persyaratan yang disiapkan sudah sesuai ketentuan setelah sebelumnya dilakukan konsultasi dengan KPU Donggala. Dari data yang disiapkan tersebut, dirinya bersama Idham Pagaluma optimistis akan lolos sebagai calon karena syarat pencalonan diperoleh melalui verifikasi langsung di lapangan.

“Kami turun langsung menemui pemilih. Kami tidak sekadar klaim, tetapi berdasarkan data ril dukungan yang diberikan kepada kami,” katanya.

Sesuai jadwal, calon perseorangan akan mulai mendaftar ke KPU pada November 2017.

Yasin mengatakan saat ini timnya sedang merapikan seluruh data dukungan yang dibutuhkan karena syarat tersebut harus dimasukkan ke KPU dalam bentuk `hardcopy` dan fisik.

Hingga kini para tokoh yang ingin menjadi bakal calon pasangan bupati Donggala yang lain sedang mendaftar di partai politik sehingga belum ada satupun bakal calon bupati yang menetapkan pasangannya.

Dari sejumlah nama yang berkembang di masyarakat untuk bertarung di PilkadaDonggala umum pemain lama yang sebelumnya bertarung pada pilkadasebelumnya seperti bupati petahana Kasman Lassa, petahan Wakil Bupati Vera Laruni, dr Anita dan Kasmudin. Sementara nama-nama baru yang muncul antara lain yakni Aswan M Daali, Abdurahman, Burhan dan Tema. Di Sulawesi Tengah terdapat tiga kabupaten yang akan mengikuti pilkada serentak tahap II pada 15 Juni 2018 yakni Donggala, Parigi Moutong dan Morowali. ***

Sumber: antarasulteng.com 

Pos terkait

banner 580x60