Perindo, Parpol Pertama Serahkan KTA ke KPU

  • Whatsapp

 

SULTENG,- PESTA Demokrasi telah dimulakan. Iring-iringan Partai Perindo mendatangi kantor KPU Palu dan Kabupaten Parigi Moutong kemarin (9/10/2017) untuk melakukan pendaftaran dan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) untuk tahap verifikasi pendaftaran yang dimulai pada hari ini, dan berakhir sampai 16 oktober 2017.

Muat Lebih

Ketua DPW Prov Sulteng Partai Perindo Clemens Efraim Musa ditemui sejumlah wartawan mengatakan bahwa hari ini di 34 DPW Perindo se Indonesia serentak melakukan pendaftaran dan penyerahan KTA.  Untuk hari ini kami melakukan penyerahan KTA dan pendaftaran ke KPU Kota Palu. Untuk jumlah KTA DPD Partai Perindo  sendiri berjumlah 13.000. Untuk kelengkapan persyaratan verivikasi sudah lengkap semuanya, “Kami optimis Perindo siap mengikuti verifikasai dan memenangkanya,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPU Palu Marwan. P Angku mengatakan partai yang pertama datang untuk melakukan pendaftaran adalah partai Perindo. Tapi belum bisa diproses sebelum di pusat melakukan pendaftaraan sebelumnya. Karena yang menentukan proses pendaftaran diterima atau tidak di wilayah adalah Partai Perindo pusat. Untuk DPW hanya menyerahkan bukti salinan KTA, KTP dan rekap anggota.

Marwan juga menambahkan bahwa, Partai Perindo pusat akan melakukan pendaftaran pada Pukul 11.00 Wib, ” Jadi kami menyarankan agar mereka menunggu, nanti setelah ada pemberitahuan resmi dari pusat bahwa partai tersebut telah selesai melakukan pendaftaran kami akan melayani penghubungnya atau perwakilan partai saja, dan hari ini kemungkinan partai Nasdem juga akan mendaftar, tapi semuanya kembali lagi pada koordinasi antara partai yang ada di pusat dan di wilayah. Untuk tanggal pendaftaranya dimulai 16 Oktober 2017, dari jam kerja kantor sampai jam 24.00 Wita,” jelasnya.

Hal yang sama di Parigi. Partai besutan Hary Tanoesudibjo (HT), mendatangi kantor KPU Parmout. “Hari ini merupakan pendaftaran partai Perindo yang dilakukan secara serentak di seluruh daerah yang ada di Indonesia, dan alhamdulillah kami di parigi moutong merupakan satu-satunya partai yang pertama lolos secara baik administrasi maupun kelengkapan berkas se Sulteng dari 13 kabupaten/kota,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Parmout, Yolanda Mambu, SE yang didampingi Sekretaris Perindo Arjoni Telong, SE dan sejumlah pengurus serta kader Perindo.

Berkas tersebut diterima langsung oleh devisi hukum KPU Parmout, Annas SH, yang melibatkan anggota komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Parmout, Rizal. Devisi Hukum KPU Parmout, Annas SH mengatakan, sejak dari tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017 pembukaan pendaftaran partai politik yang dibuka oleh KPU pusat, partai Perindo khusus Parmout merupakan satu-satunya partai yang pertama mendaftarkan diri dengan seluruh kelengkapan berkasnya.

“Hari ini dari pendaftaran hingga pemberkasan, semuanya telah kami terima secara resmi. Berkaitan dengan berkas, selanjutnya masih akan kami verifikasi lagi, guna mencocokknya data antara data hard copy yakni berkas yang diserahkan partai politik dengan soft copy yang ada pada sistem informasi partai politik (simpol) yang terintegrasi dengan KPU,” Ujar Annas.

Dan untuk tahapan verifikasi berkas, menurut Annas akan dilakukan pada tanggal 17 sampai 25 Oktober 2017. Jadi, dalam tahap tersebut pihak partai Perindo akan mengetahui informasi terkait kekurangan berkas dan harus melakukan perbaikan berkas yang nantinya akan masuk dalam informasi Simpol.

Sementara, Sekretaris DPD Perindo Parmout, Arjoni Telong, SE menambahkan, sejauh ini berkas yang diserahkan sudah lengkap, baik dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA) partai perindo sejumlah 1.205 orang. “Kami sangat Optimis bisa lolos hingga verifikasi tahapan akhir pada tanggal 25 Oktober nanti. Berkas KTA saja kami masukkan sebanyak 1.205 orang,” ujar Arjoni.**

Reporter: Firmansyah/Fharadiba

Pos terkait

banner 580x60