What We Remember

  • Whatsapp
Anggun C Sasmi

BUKAN Hal yang mudah bagi seorang Anggun CSasmi untuk membangun karirnya hingga berada di level internasional seperti saat ini. Bukan cuma itu saja, konsistensi serta inovasi dalam berkarya pun jelas jadi hal yang selalu coba dilakukan Anggun dalam menyajikan lagu-lagunya.

Nah baru-baru ini penyanyi 43 tahun itu pun merilis single terbarunya yang berjudul What We Remember. Seperti dimuat dalam press release yang kami terima, Anggun juga tetap mengusung identitas musik pop dengan sentuhan electronic yang memberikan kesan modern dan tentu saja fresh.

Untuk single kali ini, Anggun dibantu oleh 2 talenta yang pernah mencetak sejumlah hits single di Perancis, Silvio Lisbonne dan Guillaume Boscaro. Anggun bertemu dengan kedua produser ini ketika mempromosikan Opus (dirilis pada tahun 2015) dan telah mendapatkan sertifikasi Gold di Perancis, penghargaan penjualan album ketiganya inilah yang membuatnya disebut sebagai Asia’s Export Sensation.

Semakin menarik mengingat Anggun membawa unsur akustik yang diformulasikan bersama musik pop dan electronic yang ada. Belum lagi ditambah dengan vokal Anggun yang powerful, tentunya single ini jadi salah satu rilisan yang menarik untuk disimak menjelang akhir tahun 2017.

What We Remember sendiri merupakan single yang didaulat Anggun sebagai lead-track dari album internasional terbarunya. Rencananya, album baru tersebut akan dirilis Anggun pada 8 Desember 2017 mendatang.

Saat ini single What We Remember sudah bisa didengarkan melalui sejumlah platform streaming seperti Apple Music, Joox dan Spotify. Selain itu, Anggun juga menyertakan sebuah video lyric yang ia rilis melalui channel YouTube Anggun Video. Nantikan update terbaru seputar dunia musik hanya di KapanLagi.com®.

Anggun mengaku kesulitan menembus persaingan industri musik di Eropa pada awalnya. Bahkan, ibu satu anak itu sempat mengalami krisis keuangan selama berada di London. Uang hasil dari penjualan studionya habis dipakai untuk biaya hidupnya.

“Aku punya mimpi untuk berkarir Internasional, tapi produser (musik) tak akan datang ke Indonesia untuk mencari talenta, karen banyak sekali di negara mereka juga banyak yang bertalenta. Aku harus ke sana. Aku penasaran, dan aku pikir ini waktu yang tepat untuk berubah. Di Indonesia, kita tidak punya banyak informasi masuk, hanya dari satu atau dua sumber saja. Dan Internet dulu masih belum sebesar sekarang,” ungkap Anggun di sebuah interview bersama Billboard Magazine.

Anggun tak lantas menyerah begitu saja. Meski harus naik bis untuk ke mana-mana demi menghemat uang, Ia tetap mencoba dan berusaha demi meniti karirnya di Tanah Eropa. Bahkan saking desperate-nya, wanita yang kini berusia 43 tahun itu juga sempat ke club-club, mempromosikan diri sebagai penyanyi.

Dari sana, Anggun merasa jika dirinya harus berubah. Seperti diketahui, Ia memiliki darah Jawa yang kental, yang membuatnya punya sifat malu-malu atau sungkanan. Anggun lalu membuang jauh sifat kolotnya itu dan berubah jadi sosok yang lebih berani dan pede, meski sebenarnya ‘palsu’ alias bukan dirinya sendiri, seperti dikutip dalam salah satu interview-nya bersama majalah Trax tahun 2006 silam.

Sayangnya, sample-sample lagu yang dikirimkan Anggun ke beberapa studio rekaman di Inggris selalu dikembalikan dan mendapat respon negatif. Anggun lalu mulai mempertimbangkan untuk mencoba peruntungan di negara lain, di mana pilihannya jatuh pada Prancis.

Tahun 1996, karir Internasional Anggun mulai menunjukkan progress yang signifikan, terutama setelah dirinya bertemu dengan produser musik bernama Erick Benzi yang merupakan sosok yang pernah menangani artis-artis besar seperti Celine Dion. Selamabeberapa tahun berkarir di Prancis, Anggun telah mendapatkan banyak sekali pernghargaan, dan total ada 5 album Berbahasa Inggris hingga 6 album Berbahasa Prancis yang telah Ia rilis sepanjang karir Internasionalnya.

Anggun bahkan sudah menjalani beberapa tour Eropa untuk mempromosikan karyanya. Dan tak cuma sampai situ saja, Anggun juga sering ditunjuk untuk jadi juri dari ajang-ajang pencarian bakat, seperti Miss France 2009 dan 2016, lalu X Factor Indonesia, Asia’s Got Talent dan masih banyak lainnya.

Di atas prestasi gemilangnya, Anggun masih cinta Indonesia meski Ia juga tak jarang dihujat karena keputusannya untuk pindah jadi kewarganegaraan Prancis. Selain sering menyebutnya dalam setiap interview atau postingan di media sosial, pemerhati musik kondang Tanah Air, Bens Leo juga pernah menegaskan kecintaan Anggun pada Indonesia.**

 

Sumber: Kapanlagi.com 

Berita terkait