Rapat Sinkronisasi DisDukcapil se Sulteng di Tolitoli

  • Whatsapp
banner 728x90

BUPATI Tolitoli yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si membuka secara resmi Rapat Sinkronisasi Perencanaan Program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tolitoli Tahun 2019 pada Minggu malam (10/3) yang digelar di Meeting Room Lantai II Hotel Mitra Utama Tolitoli.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli Drs. Ashar Ambo Masse dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas perencanaan teknis dalam pemanfaatan program kegiatan yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan merumuskan percepatan program kegiatan yang berbasis Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan mengambil tema “Melalui Rapat Sinkronisasi Perencanaan Program, Kita Tingkatkan Sinergitas Program Perencanaan Dalam Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Berbasis Inovasi Teknologi Digital Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah.

Ashar Ambo Masse juga menyampaikan bahwa jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 39 orang terdiri dari Sekretaris, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kepala Sub Bagian Keuangan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten / Kota se Sulawesi Tengah, dengan menghadirkan nara sumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah dan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya mengatakan, kependudukan merupakan basis utama dan fokus dari Segala persoalan pembangunan. Hampir semua kegiatan pembangunan baik yang sifatnya sektoral maupun lintas sektoral, terarah dan terkait dengan penduduk. Kualitas penduduk yang baik jelas Bupati, akan melahirkan sumber daya manusia yang baik pula, jumlah penduduk yang besar akan berarti apabila sebagian besar dari mereka mampu berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Sebaliknya jumlah penduduk yang besar akan menambah beban ekonomi dan pembangunan bila tidak dapat diberdayakan secara baik. Dikatakan oleh Bupati, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diberikan amanat mengurus dan mengelola administrasi kependudukan merupakan representasi negara dalam upaya melindungi segenap bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah Hi. Abdul Haris, SH,M.,Si mengatakan, kegiatan sinkronisasi perencanaan program antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dukcapil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota ini dilaksanakan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi di Kabupaten atau kota se-Provinsi Sulawesi Tengah mengenai kependudukan.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Acara Rapat Sinkronisasi ini dihadiri oleh para Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten / Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah.**

Sumber: Humas Tolitoli

Berita terkait