Bartho Tak Disangka Melejit

  • Whatsapp
@Bartholumeus Tandigala
banner 728x90

NAMA Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng, Bartholumeus Tandigala CES, tak disangka-sangka melejit di polling yang diselenggarakan Litbang Harian Kaili Post sejak 29 April-8 Mei 2019 lalu. Tak tanggung-tanggung nama Bartho lebih populer dari nama Supratman Andi Agtas, atau NDB anggota DPD RI tiga periode, maupun Anwar Hafid, mantan Bupati Morowali.

Pada polling kali ini, Bartho mendapat dukungan 6,16 % responden terpaut tiga digit dari Anwar Hafid. Diketahui, Bartho malang melintang di dunia birokrasi. Sebelum Kepala BPBD Sulteng, ia juga pernah menjabat Bupati Morowali selama Pilkada 2018 lalu.

Birokrat yang dikenal ramah itu juga pernah menjadi Kepala Dinas PU Kota Palu di era Walikota Rusdi Mastura. Kala menjadi Kadis PU itu, Bartholumeus pernah dengan tegas menolak tanda tangan pembayaran pembangunan Jembatan IV yang kini sudah roboh diterjang tsunami. Sikapnya yang kokoh itulah yang mengantarkan prestasinya di dunia birokrat.

Lantas apa kemungkinan keterpilihan Bartho menjadi tokoh populer di Sulteng?.

“Ia (Bartholumeus) bisa jadi dinilai menjadi tokoh yang mewakili kalangan non muslim sangat memungkinkan. Pasti mengerucutnya nama Bartho diharapkan dapat menjadi sebuah pasangan di Pilgub yang chemistry. Walaupun nama di luar sana masih sangat banyak,’’ terang Ikhsan.**

Reportase: andono wibisono

Berita terkait