Naik tipe A, Kapolda Sulteng Kedepannya Dipimpin Jendral Bintang Dua

  • Whatsapp
Kapolri Drs. Idham Aziz pimpin pengukuhan Polda Sulteng ke tipe A di Mapolda Sulteng jalan Sam Ratulangi Palu, Jumat (15/11/2019)

Dengan dikukuhkanya tipologi Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dalam upacara yang dihadiri oleh Kapolri Drs. Idham Aziz, di Mapolda Sulteng jalan Sam Ratulangi Palu, Jumat (15/11/2019)  kedepannya Bumi Tadulako akan dipimpin Jendral Bintang dua.

Pengukuhan peningkatan tipe ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari Kepolisian Daerah Tipe B menjadi Kepolisian Daerah Tipe A.

Muat Lebih

Bertindak selaku Perwira Upacara Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol Drs. Aries Syarief Hidayat,M.M dan bertindak selaku Komandan Upacara Dansat Brimob Polda Sulteng Kombes Pol Susnadi,S.IK.

Pengukuhan kenaikan Tipologi Polda Sulteng ditandai dengan penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah “Wira Dharma Brata” oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis,M.Si kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si.

Dalam amanatnya, Kapolri mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas kenaikan tipe Polda Suteng dari Tipe B menjadi Tipe A.

Kapolri yang pernah menjabat Kapolda Sulteng pada 2014-2016, memberikan motivasi kepada seluruh personil jajaran Polda Sulteng untuk memberikan kinerja yang terbaik dimanapun berada.

“Sejarah mencatat hampir sebagian besar pimpinan-pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng, semoga ini bisa menjadi motivasi bahwa dimanapun bekerja,  apabila memberikan yang terbaik kamu akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi, ” sebutnya.

Dia juga berpesan agar amanah yang diberikan oleh Tuhan dan organisasi, merupakan tanggung jawab bersama para personil. “Semoga dengan naiknya tipe Polda sulteng ke tipe A semangat untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, semangat menaikan komitmen dan integritas tertanam didada masing-masing, bukan semangat untuk berkonspirasi,” tegasnya.

Ditekankannya, personil Polri harus netral dalam pelaksanaan Pilkada Sulteng pada tahun 2020 mendatang “pesan saya sebagai orang tua dan senior, kamu tidak usah dimana-mana tapi ada dimana-mana, terjemahkan kata-kata saya. Artinya kau tidak boleh berada di kiri dan kanan. Yakinkan kepada saya Kapolda dan para Kapolres berada diposisi netral,” tandasnya.

Seiiring kenaikan tipe tersebut, terjadi perubahan pada tataran stuktur organisasi dan pejabat Pl Polda Sulteng. Diantaranya, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tengah kini dijabat oleh Jenderal Bintang Satu, Brigjen Pol Drs. Nurwindiyanto M.M.

Acara pengukuhan kenaikan Tipologi Polda Sulteng diselenggarakan di Mapolda Sulteng tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Bhayangkari Ny.Fitri Idham Azis, As, SDM Kapolri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri, S.M.M, Asrena Polri  Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso,S.H,M.H, Kadivpropam Polri Irjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si, Kadivhumas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal,S.IK,M.H dan mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Ketut Argawa dan Brigjen Pol (Purn) Drs. Dewa Parsana.M.Si serta sejumlah Pejabat di lingkungan Mabes Polri.

Selain dihadiri Perwira Tinggi  Polri, upacara pengukuhan juga dihadiri oleh undangan dari Forkopimda.  Diantaranya Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H.Longki Djanggola, M.Si, Ketua DPRD Sulteng, Danrem 132 Tadulako, Danlanal Palu, Wakil Walikota/Bupati Kabupaten, sejumlah Pimpinan Bank, para Rektor Universitas, pimpinan Media, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Upacara pengukuhan ini dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah yang diisi berbagai penampilan dari anggota Polisi. Sementara Wakil Wali kota Palu juga berkesempatan berduet langsung bersama Kapolri dengan menyanyikan lagu berjudul “Bongkar” yang dipopulerkan oleh Musisi Iwan Fals. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Pos terkait

banner 580x60