Terkait Sekolah Adat, AMAN Sulteng Temui Disdikbud Sigi

  • Whatsapp

Sigi,- Asran Dg. Patompo, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Tengah temui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sigi. Kamis (30/01/2020) di Kantor Disdikbud, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo,Kabupaten Sigi. Hal itu dilakukan terkait rencana peresmian sekolah adat di Bulan Februari mendatang.

Asran berterimakasih atas respon dari Disdikbud Sigi, ia juga mengatakan bahwa sekolah adat ini merupakan kelanjutan dari respon AMAN Sulteng terhadap masyarakat adat pasca-bencana alam di Kabupaten Sigi dan Sekitarnya.

Bacaan Lainnya

banner 300x90

“Disdikbud merespon baik apa yang kami lakukan selama ini,membangun sekolah adat di Pegunungan Kondo di sekitar Desa Tuva dan Bangga.Kedepan juga kami berharap bukan hanya sekedar peresmian tetapi pemerintah juga bisa membantu.” Ungkap Asran

Sementara itu, Munawwarah ,S.Pd,M.Pd, Kabid Kebudayaan, Disdikbud Sigi mengapresiasi adanya sekolah adat karena menurutnya akan banyak hal yang kita tempatkan dari sekolah tersebut.

“ Sekarang ini yang kami pikirkan bagaimana anak-anak itu bisa merasakan pendidikan, setelah itu juga bisa di buat Pusat Belajar Masyarakat, dimana untuk masalah waktunya harus menyesuaiakan dengan kesepakatan dengan anak-anak.

“Pada dasarnya saya dari bidang kebudayaan sangat merespon, dalam waktu dekat ini saya akan berkunjung kesana.”

Dari informasi AMAN Sulteng Kabid Kebudayaan juga akan melaporkan Kepada kepala Disdikbud Sigi terkait hal itu.

“ Saya sangat terharu karena disana ada anak-anak yang perlu perlakuan khusus, di zaman milenial ini masih ada yang belum di sentuh oleh pendidikan. saya merasa bertanggunjawab atas itu, karena saya juga seorang ibu,” Jelasnya. ***

Reporter: Arman Seli

Pos terkait

banner 580x60