Sekda Provinsi Sulteng Buka Rakor Ekbang dan SDM di Toli-toli

  • Whatsapp
banner 728x90

Toli-Toli,- Kabupaten Tolitoli menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Ekonomi, Pembangunan dan SDM tahun 2020 tingkat Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang Digelar di salah satu Hotel di Kab Tolitoli, Rabu (26/2/20) ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah DR.H.Hidayat Lamakarate .M.Si

Rapat Koordinasi Administrasi Pembangunan ini mengangkat tema “Strategi dan peluang sektor Ekonomi, Pembangunan dan Sumber Daya Alam dalam rangka menyikapi Ibu Kota Negara Baru”.

Terkait penetapan Presiden mengenai pemindahan Ibu Kota Negara ke salah satu wilayah di Provinsi Kalimantan Timur, hal ini akan membuka peluang bagi Sulawesi Tengah menjalin kerja sama lebih besar untuk semua sektor usaha yang berkaitan dengan pengelolaan SDA maupun investasi di segala sektor wilayah kabupaten/Kota Sulawesi Tengah. Posisi dan letak ibu kota negara yang sangat dekat menjadikan sulawesi tengah sebagai daerah penyangga untuk ibu kota baru.

Apalagi Sulawesi Tengah merupakan salah satu wilayah di indonesia yang memiliki kekayaan cukup melimpah, sehingga menghasilkan potensi-potensi unggulan yang sangat memadai dalam menunjang pertumbahan ekonomi daerah. Jelas Sekprov Hidayat saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulteng.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran sejauh mana capaian kinerja OPD dalam pelaksanaan program kegiatan, baik melalui pembiayaan APBD Kabupaten, APBN, dana tugas pembantuan, dan dana alokasi khusus (DAK). Sehingga dapat memonitoring, mengevaluasi percepatan realisasi kegiatan serta penyerapan APBN dan APBN, sebagai upaya tertib administrasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota. Harap Gubernur melalui sambutan tertulisnya.

Selain itu pelaksanaan rakor ini juga memerlukan adanya sinergi yang baik antara TPID Provinsi, TPID Kabupaten dan program lainnya terhadap ketersediaan, dan stabilitas harga pangan dalam upaya pencapaian sasaran inflasi nasional yang rendah dan stabil pada biro/bagian ekonomi dan pembangunan se kabupaten/kota, lanjutnya.

Melalui Rakor ini, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten/Kota, bahwa capaian inflasi 2019 Provinsi Sulawesi Tengah sebesar 2,3%, sedangkan nasional sebesar 2,7%.

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 yang diukur berdasarkan PDRB sebesar 7,15% dibanding pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,02% (pertumbuhan terjadi pada lapangan usaha, pertambangan dan penggalian material).

Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi, Pembangunan dan SDM Setda Prov Sulteng Rudi Dewanto mengatakan, Pelaksanaan Rakor ini bermaksud untuk mensinkronisasikan dan mengharmonisasikan berbagai kebijakan antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota Sektor Ekonomi, Pembangunan dan SDM.

Kegiatan ini dihadiri Asisten II Sekretaris Daerah bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setda Kab Tolitoli Muh. Nur Munawar mewakili Bupati Tolitoli serta serta Forkompimda setempat dan seluruh Kepala Bidang Perekonomian Pembangunan dan SDM Kab/Kota Se Sulawesi Tengah.***

Sumber: Biro Humas & Protokol Pemprov Sulteng

Berita terkait