13 M Dana Bantuan Nontunai Bagi Penyintas Sigi Disalurkan PMI

  • Whatsapp
Penyaluran Secara Simbolis Bantuan Nontunai PMI di Kab Sigi/Ft: Humas Pemprov
banner 728x90

Sigi,- Bantuan nontunai senilai total 13 Milyar Rupiah disalurkan Palang Merah Indonesia (PMI) bagi 2.314 Kepala Keluarga (KK) dari 12 desa yang terdampak bencana 28 September silam, di Kabupaten Sigi, Sulawesi tengah.

Dana yang akan diserahkan kepara Penyintas di kabupaten Sigi tersebut berasal dari federasi Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah.

Proses penyerahan secara simbolis tersebut berlangsung di halaman SDN 2 Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Jum’at (13/3/20). Sementara besaran bantuan yang akan diterima setiap KK via rekening per bulan itu mencapai hingga 2 Juta Rupiah dan akan diangsur selama 3 kali, dimulai bulan ini.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Letjen (Purn) Sumarsono mengatakan, akuntabilitas adalah prioritas dalam setiap kegiatan PMI agar bantuan demi bantuan tersebut dapat disalurkan dan dipertanggungjawabkan.

“Harapan Saya bantuan nontunai ini nantinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima,” ujar mantan Jenderal Bintang tiga ini. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulteng H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH pada sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas bantuan-bantuan yang telah diberikan PMI sejak tanggap darurat sampai pemulihan sekarang ini.

“PMI telah melakukan banyak hal dalam membantu tugas pemerintah pasca bencana ini, salah satunya kesiapsiagaan bantuan dalam penanggulangan bencana itu sendiri,” kata Wagub.

Hadir dalam kegiatan penyerahan simbolis kepada penyintas Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen (Purn) Sumarsono, Wakil Gubernur Sulteng H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH dan undangan lainnya.

Selain itu dihadiri Ketua PMI Provinsi Sulteng Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Ketua PMI Sigi, Sekda Kabupaten Sigi, Forkopimda, OPD dan Kepala Bank Mandiri Cabang Sigi. ***

Reportase/Sumber: Indra Setiawan/Humas Prov. Sulteng

Berita terkait