Saat Ini, 366 Unit Huntap Tondo Selesai Dibangun

Huntap Budha Tsu zi di kel. tondo Palu/Foto: Firmansyah
banner 780x80

Palu,- Hingga saat ini, progres pembangunan Hunian Tetap (Huntap) yang ditarget berjumlah 1500 unit, selesai dibangun 366 Huntap. Hal itu diungkapkan Kadis Perumahan dan Pemukiman Kota Palu, Zulkifli saat rapat dengar pendapat bersama Pansus rehab rekon DPRD Palu, Jumat (13/3/2020) di ruang gabungan Dekot Palu.

“Setelah rapat bersama Satgas percepatan rehab rekon di Kantor Gubernur Sulteng tadi, disepakati target Huntap yang akan dibangun sebelum kunjungan Presiden RI, sebanyak 1500 unit. Belum dikerjakan 286, Progres hingga saat ini 848, selesai pembangunannya 366 Huntap oleh yayasan Budha Tzu-Chi, ” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Terkait kelistrikan yang ada di Huntap Tondo jelas Kadis Perumahan dan Pemukiman Kota Palu, sudah tersambung sebanyak 514 rumah. Bak air terpasang sebanyak 224 unit di Hunian Tetap. Sesuai kontrak tahun 2019, jalan di lokasi tersebut yang telah selesai dikerjakan sepanjang 5383 meter. Sementara belum ada kontraknya 7500 meter.

“Saat ini Pemkot Palu dan PUPR melakukan sinkronisasi, karena keterbatasan anggaran Pemkot dalam mengaspal semua jalan di Huntap. Olehnya Walikota mengusulkan agar hal ini ditangani langsung oleh pihak Kementerian PUPR,” akunya.

Pengerjaan drainase di Huntap Tondo hingga saat ini, sepanjang 11,171 meter. Selain itu, di area tersebut juga telah ditanami pohon pelindung berjenis Trembesi yang merupakan hasil kerjasama antara yayasan Budha Tzu-Chi dan Pemkot Palu.

“Lokasi kunjungan Presiden RI dalam meninjau progres pembangunan Hunian Tetap di Kota Palu nantinya, ditetapkan di Huntap Tondo yang dibangun oleh Budha Tzu-Chi. Namun target 1500 menurut pihak yayasan tidak tercapai. Hanya sebanyak 1100 unit saja, ” jelasnya.*

Reporter: Firmansyah Lawawi         

Pos terkait