Covid-19: 2 Pasien PDP Dipulangkan

  • Whatsapp
Dua pasien PDP RSU Madani Palu Sulteng dipulangkan karena dinyatakan sembuh. Foto/yohanes clemens
banner 728x90

Palu,- Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona atau Covid-19, yang dirawat di Rumah Sakit Umum Madani (RSUD) akhirnya dipulangkan.

Kedua pasien tersebut, yakni Pr, JST (19) dirawat selama 32 hari dan Lk, BYP yang dirawat selama 37 hari. Keduanya dinyatakan pulang setelah negatif hasil swab. Pemulangan kedua pasien turut disambut oleh para tim medis Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, serta para aparat.

“Mereka dua ini dinyatakan sembuh setelah dilakukan 4 kali hasil swab. Dimana pada saat swab pertama negatif, swab kedua positif dan swab ke tiga dan ke empat dinyatakan negatif. Sehingga, bisa dinyatakan sembuh,” ujar Direktur RS Madani, dr Nirawansyah Parampasi, SpPA.

dr Nirawansyah melanjutkan, maka saya berharap, masyarakat dapat menerima mereka, jangan ada stigma lagi. Walaupun, kita harus tetap menggunakan masker social distancing, serta dengan menjaga pola hidup sehat.

Dengan dipulangkan 2 pasien ini, maka total pasien yang dirawat RS madani saat ini, yang swab positif masih empat, dan yang rapit masih ada tiga. Jadi total tujuh, namun ada peluang 2 pasien yang swab positif bisa sembuh, sebab, sudah satu kali negatif dan hari ini kami ulang swabnya, jelasnya.

Dilain kesempatan, salah satu pasien yang sembuh mengungkapkan isi hatinya. Ia mengatakan, ucapan syukur kepada Tuhan, sebab telah diberikan kepadanya para dokter untuk merawatnya, sehingga Ia bisa berjuang dalam melawan penyakit Covid-19 itu.

Ia menjelaskan, awal masuk perasaan seperti hancur karena merasa bisa terpapar atau terkena Covid-19. “Hati serasa hancur, sebab jika melihat berita, seperti orang itu parah, bahkan ada yang meninggal dan itu yang kami takutkan,” ujarnya, sambil meneteskan air mata.

Namun, kata Dia, Puji Tuhan, saat kami dirawat disini para tim medis, bukan hanya sekedar merawat, tapi menghibur kami dan membuat kami bisa ceria. Dan kepada kita semua, tetap kuat dan semangat menghadapi virus ini, ujarnya. ***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait