Ajak Sinergis Cipta Kamtibmas, Kapolda Sambangi Ketua FKUB Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen. Pol. Abdul Rakhman Baso berkunjung ke kediaman Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng Prof Zainal Abidin, Senin (14/09/2020) malam.

Turut hadir juga Dirbinmas Polda Sulteng, Kapolres Kota Palu AKBP Rizal Faisal, Ketua NU Kota Palu, dan jajaran pengurus FKUB Sulteng.

Dalam ajang silaturahmi itu, Kapolda Irjen. Pol. Abdul Rakhman mengajak pengurus FKUB Sulteng bersinergis membantu Kepolisian menciptakan situasi daerah yang aman dan kondusif, utamanya dalam kehidupan antar umat beragama. FKUB Sulteng diharap ikut berperan penting menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dari ancaman gerakan faham radikalisme, dan intoleran.

“Bersama membantu pemerintah daerah, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kehidupan bermasyarakat ditengah keberagaman agama, suku, dan ras,” jelas Irjen. Pol. Abdul Rakhman.

Selain itu, Kapolda juga berharap FKUB Sulteng sinergis dalam upaya mencegah dan memutus penularan Virus Corona Disease (Covid-19). Ia menerangkan, pandemi Covid-19 sangat sulit dibasmi karena tak kasat mata, sehingga memeranginya dengan cara menumbuhkan kesadaran individu untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Begitu juga pelaksanaan Pilkada, terdapat dua sisi keamanan yaitu Pilkada damai dan mencegah agar tak ada klaster baru.

Mencegah penularan virus pada masa Pilkada dengam menumbuhkan kesadaran untuk patuh mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Hal itu bisa diwujudkan salah satunya memasifkan sosialisasi pencegahan virus melalui media.

Sementara, Ketua FKUB Sulteng Prof. Zainal Abidin, mengungkapkan rasa penghargaan dan terima kasih kepada Kapolda dan jajarannya telah bersilaturahmi bersama pengurus FKUB. Ia mengaku bersama pengurus selalu mendukung program Kepolisian daerah untuk menicpatakan situasi Kamtibmas khususnya meningkatkan kerukunan umat beragama.

“Karena tanpa rukun dan damai kita akan kesulitan mencari nafkah, dan susah hidup, senang, bahagia jika situasi tidak aman dan tertib,” jelas Prof. Zainal.

Sekaitan Pilkada, pengurus FKUB ikut membantu Kepolisian mengsukseskan pemilihan damai. Saat ini FKUB bekerjasama KPU Sulteng untuk sosialisasi demi meningkatkan partisipasi pemilih.

Prof Zainal juga selaku Ketua MUI Kota Palu ini mengatakan, subtansi pemilihan juga bagian dari perintah agama. Dalam ajaran Islam terdapat tiga perintah yaitu taat kepada Allah SWT, kepada Rassul dan taat kepada pemimpin. Olehnya ketaan kepada pemimpin ini menjadi bagian terpenting untuk memilih. Jika penduduk baik tak menggunakan hak pilih, maka orang tidak baik yang akan memilih.

“Kalau orang tidak baik yang akan memilih, maka akan melahirkan pemimpin yang tidak baik juga,” jelas Prof. Zainal.

Diakhir pendiskusian, Prof. Zainal berpesan kepada Kapolda agar juga menangani peredaran Narkoba yang terbilang tinggi di Provinsi Sulteng. Pertemuan itu diakhiri dengan membacakan doa yang dipimpin Ketua NU Kota Palu. Dilanjut penyerahan ‘cendra mata’ oleh Kapolda Sulteng kepada Ketua FKUB Sulteng dan foto bersama pengurus FKUB. ***

Reporter: Supardi

Berita terkait