Jaga Ketahanan Pangan, Lanal Palu Tebar 5.000 Benih Bandeng

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, SE, M.Tr. Hanla menebar benih 5.000 (Lima Ribu) ekor bibit ikan bandeng yang ditebar di lahan tambak binaan Lanal Palu di Desa Batu Rokok, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala. Kamis (03/09/2020).

Penebaran bibit ikan bandeng dilakukan bersama-sama Perwira Staf Lanal Palu, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II dan Pengurus Jalasenastri, Babinsa Desa Batu Rokok Kodim 1306/Dgl, Kepala Desa Batu Rokok Kabupaten Donggala, H Isyak, serta H Taufik bersama Crew Samson Fishing Club, disaksikan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Palu menyampaikan bahwa dengan optimalisasi lahan tidur menjadi lahan tambak produktif budi daya ikan bandeng, diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian serta gizi masyarakat pesisir khususnya Kabupaten Donggala.

“Masyarakat akan semakin sadar bahwa lahan pesisir yang selama ini dianggap tidak produktif ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian yaitu dengan kreatifitas yang salah satunya budidaya ikan bandeng,” harapnya.

Danlanal juga menargetkan setiap bulan, 3 (tiga) hektar lahan tidur di pesisir pantai Kecamatan Banawa akan dijadikan sebagai tambak produktif dan tentunya semua itu dengan melibatkan masyarakat dan Pemda Kabupaten Donggala, dengan tujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat pesisir saat Pandemi Covid-19 yang belum jua reda.

Program ketahanan pangan merupakan wujud aksi arahan Pangkoarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto, agar wilayah jajarannya dapat mempertahankan aspek ketahanan pangan, yang telah diprogramkan oleh Komando atas serta anjuran pemerintah dalam mengatasi ketahanan pangan disaat pandemi Covid-19.

“Semoga 5 bulan ke depan dapat dipanen dengan hasil yang memuaskan sehingga dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat di Sulteng, khususnya Donggala dan semoga dapat menjadi contoh yang baik untuk masyarakat lain yang menekuni budidaya tambak bandeng dan udang vaname di Desa Batu Rokok,” harap Danlanal.

Tak lupa, Danlanal Palu mengucapkan terima kasih atas peran serta tokoh masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ini, dan semua pihak yang telah membantu.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait