Resmikan SLB Porame, Longki: Jangan Ada Lagi ABK Terlantar Pendidikannya

  • Whatsapp
Foto: Humpro sulteng
banner 728x90

Sigi,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola kembali meresmikan Unit Gedung Baru (UGB) Sekolah Luar Biasa (SLB) Porame di Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa (22/09/2020).

Gedung tersebut adalah bangunan baru menggantikan gedung lama SLB Marawola yang rusak akibat gempa bumi dan likuifaksi 28 September 2018.

Selain seremoni peresmian gedung, juga dilaksanakan penyerahan aset tanah dari Bupati Sigi Muh. Irwan kepada Pemda Provinsi Sulteng.

Nampak hadir di acara, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Dr. Alimudin Paada, Dirut Bank Sulteng Rahmat Abd. Haris dan pejabat terkait.

Atas peresmian SLB Porame, Gubernur Longki Djanggola meminta supaya fasilitas ini langsung dimanfaatkan agar pelayanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) berjalan sebagaimana mestinya.

“Jangan ada lagi (ABK) yang terlantarkan apalagi terpasung hak-haknya,” ungkap gubernur mewanti.

Gubernur juga menekankan pentingnya sosialisasi dari aparat kecamatan/desa supaya masyarakat mengetahui keberadaan SLB Porame yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus.

“Siapapun dia berhak mendapat pendidikan dan ini yang mesti masyarakat pahami,” tambah gubernur tegas bahwa ABK juga berhak mendapat pendidikan sama seperti anak-anak lain.

Sebelumnya, Kepala Bidang PK-PLK Dr. Minarni Nongtji dalam laporan menyampaikan kronologi pembangunan gedung SLB Porame yang diawali penyediaan lahan oleh bupati, lalu disusul permohonan pembangunan UGB oleh gubernur ke pemerintah pusat dan akhirnya mendapat restu dari Direktorat Pembinaan PK-LK Kemendikbud tahun 2019 lalu.

SLB Porame lanjutnya memiliki daya tampung 170 orang siswa tapi dari 24 ruangan kelas yang dibutuhkan baru 12 yang selesai dibangun.

“12 ruangan selanjutnya akan dibangun 2021,” lapor Kabid PK-PLK.

Dengan SLB Porame tambahnya lagi, Sulteng kini memiliki 30 SLB yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, atau meningkat 21 SLB dari jumlah awal 9 SLB pada 2011 silam.

“SLB ini perlu kita perhatikan, Insya Allah 99 persen masuk surga tinggal 1 persen ikhlas,” tutupnya. ***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait