Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Palu Minta Masyarakat Berani Lapor Pelanggaran

  • Whatsapp

Palu,- Guna meningkatkan partisipasi pengawasan terhadap Pilkada serentak 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu mengadakan sosialisasi terkait dengan pengawasan partisipatif yang ditujukan untuk masyarakat Kota Palu, Kamis (05/11/2020) malam.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran di dalam pagelaran Pilkada nantinya. Dalam hal ini, turut hadir dalam kegiatan ini yakni Kasmanjaya selaku Akademisi sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut, Ivan Yudharta selaku Ketua Bawaslu Kota Palu, dan juga tokoh adat serta tokoh masyarakat yang ada di Kota Palu.

Dalam kesempatan itu, Kasmanjaya selaku Akademisi dan Pemateri kegiatan, menjelaskan bahwa diadakannya sosialisasi terkait pengawasan partisipatif untuk menjadikan masyarakat sebagai partner dari Bawaslu itu sendiri dalam mengawasi jalannya Pilkada yang akan datang.

“Tujuan dari sosialisasi ini yakni agar masyarakat bisa membantu bawaslu dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengawasi jalannya kegiatan pemilu dari awal hingga akhir kegiatan itu,” kata Kasmanjaya saat menyampaikan materi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Palu, Ivan Yudharta, mengatakan bahwa, kebanyakan masyarakat tidak mau melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di lingkungan mereka kepada pihak Bawaslu itu sendiri.

“Masih banyak masyarakat yang enggan melaporkan terkait pelanggaran-pelanggaran kepada kami. Karena mereka takut dimintai keterangan. Hal ini sudah terjadi pada Pilkada-pilkada sebelumnya,” ujar Ivan.

Maka dari itu, Ivan Yudharta menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kota Palu untuk selalu mengawasi jalannya Pilkada dan melaporkan kejadian terkait pelanggaran dalam Pilkada apabila masyarakat mendapatkan hal tersebut di lapangan.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus mengawasi jalannya pilkada nantinya serta untuk melapor apabila masyarakat mendapatkan pelanggaran-pelanggaran terkait dengan pilkada yang ada di lingkungan masyarakat,” tegas Ivan Yudharta.***

Reporter: Muhamad Nizam

Berita terkait