Pengamat: Sulteng Butuh Pemimpin yang Mampu Memitigasi Masyarakat Menghadapi Bencana

  • Whatsapp
Akademis Untad Dr Irwan Waris/Foto: Yohanes
banner 728x90

Palu,- Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan salah satu daerah yang rawan akan bencana di Indonesia, olehnya saat ini Sulteng membutuhkan pemimpin yang mampu memitigasi masyarakat, terutama dalam dalam hal menghadapi bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Politik sekaligus Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad), Dr Irwan Waris, Selasa (03/11/2020), saat ditemui kailipost.com disela-sela kesibukan aktivitasnya sebagai Dosen.

“Sulteng ini butuh pemimpin yang mampu memitigasi masyarakatnya dalam menghadapi bencana alam. Sulteng inikan rawan gempa bumi, longsor, banjir. Nah, disini masyarakat inginkan pemimpin yang memimpin Sulteng ini harus bisa menanggani ini,” ujar Dr Irwan.

Menurutnya, pemimpin yang diidamkan oleh rakyat adalah pemimpin yang punya program hidup berdampingan secara damai dengan bencana. Pemimpin yang punya visi dan misinya memiliki sangkut pautnya dengan bencana.

“Dan program yang terkait bencana ini, bukan hanya dilakukan oleh pemimpin yang saat ini, tapi pemimpin yang kedepannya juga. Dan ini kita lihat, masyarakat butuh pemimpin yang seperti ini. Pemimpin yang membimbing masyarakatnya, bisa hidup berdampingan tadi,” ujarnya.

Dan, lanjutnya, kedua pemimpin ini memiliki program itu, dan kita dapat melihat saja siapa yang nantinya dapat dipilih masyarakat. Apa lagi, katanya, ini tinggal menghitung kurang lebih satu bulan lagi, tentu waktu berkampanye bagi pasangan calon tidak lama lagi.

“Ya, sekarang pasangan calon ini harus memaksimalkan penggunaan media-media sosial, media yang bagus untuk digunakan untuk melakukan kampanye berbagai program yang akan dijalankan dan penting untuk diketahui nanti bisa menimbang-nimbang,” kata Dr Irwan.

“Apa lagi, di tengah kondisi Covid-19, tidak bisa mengumpulkan banyak orang. Namun ada media sosial yang bisa membantu, yang bisa menjelaskan mengenai apa yang akan dikerjakan setiap pasangan calon, agar rakyat bisa munculkan pikirannya,” jelasnya.***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait