Penghujung Tahun 2020, BMKG Prediksi Terjadi Hujan di Beberapa Wilayah Sulteng

  • Whatsapp

Palu,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Mutiara Sis Aljufri Palu memprediksi cuaca yang akan terjadi potensi hujan ringan hingga sedang akan terjadi di beberapa wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Prakirawati Cuaca BMKG Mutiara Sis Aljufri, Isna Putri mengatakan, bahwa pada tanggal 30 dan 31 Desember 2020, dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Tengah, 9 diantaranya akan terjadi hujan saat penghujung tahun 2020 ini.

“Adapun beberapa Kabupaten/Kota yang diprediksi akan terjadi hujan seperti; Banggai, Tojo Una-Una, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali Utara, sebagian Donggala Tengah dan Selatan, Parigi Moutong bagian Tengah hingga Selatan, Sigi bagian Selatan, dan terakhir seluruh bagian wilayah Palu,” papar Isna Putri kepada kailipost.com, Selasa (29/12/2020).

Ia menambahkan, bahwa pada bulan Desember akhir 2020 menuju Januari 2021 kondisinya memang sedikit basah untuk wilayah-wilayah yang telah disebutkan tersebut.

“Kalau untuk perkiraan pada bulan januari 2021 khusus Kota Palu karena kita adalah wilayah non zona musim jadi belum dapat ditentukan. Tapi hujan sepanjang tahun itu ada kemarau juga tetap ada, tapi yang pasti dalam tiga hari kedepan intensitas hujan dari ringan ke sedang,” sambungnya.

Kemudian, dengan melihat prakiaan cuaca ini, Isna Putri pun mengimbau kepada masyarakat yang kiranya akan bepergian dalam dua hari kedepan untuk selalu menyediakan jas hujan ketika hendak pergi atau tidak lupa untuk membawa payung. Namun, alangkah baiknya dihimbau juga untuk tetap tetap berada di dalam rumah saja.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait