Unik !! TPS 11 Tondo Dihias Dekorasi Pesta Pernikahan, KPPS Gunakan Siga Kaili

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) ada hal yang cukup menarik dan unik. Keunikan ini ditemui di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore yang dihias seperti dekorasi resepsi pesta pernikahan.

Tidak seperti biasanya, TPS berserambi besi tersebut didesain unik guna menunjang keindahan momen pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) maupun pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) 2020.

Pada pintu masuk TPS itu dihiasi beraneka macam bunga dengan warna yang dipadukan dengan pernak-pernik layaknya pesta sungguhan membuat siapapun yang melihatnya bakal terkesan. Meski dihias indah, TPS yang berlokasi di tepi jalan Martadinata, Tondo ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, seperti menyediakan fasilitas tempat pencuci tangan, termoeter dan penempatan kursi berjarak.

Selain dekorasi, hal menarik lainnya yakni petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan pakaian batik. Khusus KPPS pria dilengkapi ikat kepala Siga simbol kebesaran suku Kaili. TPS ini memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 434.

“Ini agar supaya lebih menarik. Kita buat suasana nyaman seperti pesta. Ini juga namanya pesta demokrasi. Tetapi tetap sesuai Dena dari KPU yaitu menyediakan fasilitas Protokol Kesehatan (Prokes) dan ada bilik suara khusus. Siga ini ciri khas, sebagai bukti bahwa memang kita memilih di tanah Kaili,” jelas Ketua KPPS Fuad, M.Pd, Rabu (09/12/2020). ***

Reporter: Supardi

Berita terkait