Antisipasi Membludaknya Pasien Covid, RS Anutapura Akan Tambah Kamar Perawatan

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura Kota Palu akan menambahkan tempat tidur khusus untuk penanganan dan pelayanan pasien yang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Palu yang diketahui penyebarannya sudah tergolong sebagai transmisi lokal atau penyebaran terjadi dari orang ke orang di dalam Kota.

Plt Direktur RSUD Anutapura, drg. Herry Mulyadi, menjelaskan untuk penanganannya sendiri RS Anutapura saat ini telah memiliki 63 kamar untuk pasien Covid-19 dan akan menambah lagi kamar perawatan lagi pada awal Januari 2021 ini.

“Melihat perkembangan pasien Covid-19 yang terus meningkat, kami dari pihak manajemen RS Anutapura berinisiatif untuk mengantisipasi melonjaknya angka terkonfirmasi positif lagi. Baik untuk pasien-pasien dari Kota Palu sendiri maupun pasien dari kabupaten lain,” ujar drg. Herry Mulyadi.

Ia melanjutkan, rencananya pihak RS Anutapura akan menambahkan sebanyak 24 kamar perawatan lagi. Selain itu, saat ini tenaga medis yang sebelumnya telah dirumahkan juga akan dipanggil kembali.

“Jadi antisipasi yang kami lakukan selain menambah kamar perawatan Covid-19, kita juga harus tambah tenaga perawatnya karena perawat-perawat yang lain juga harus melayani pasien-pasien umum. Dan kalau untuk Covid-19 ini kami merekrut lagi untuk menutupi kekurangan dan kelemahan dimana beberapa perawat kami ada yang terpapar,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau, di tahun 2021 ini kiranya masyarakat khususnya Kota Palu agar tetap mematuhi aturan protokol kesehatan. Karena saat ini hanya kesadaran dari masyarakat dan kepatuhan melaksanakan protokol yang dapat menekan pertambahan kasus terpapar tiap harinya.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait