Divaksin Bukan Berarti Selamat Dari Covid-19

  • Whatsapp
dok. @dr_tompi
banner 728x90

Jakarta,- Datangnya vaksin Covid-19 menjadi pembahasan menarik belakangan ini. Hal ini juga turut dibahas dokter Tompi saat diundang dalam podcast terbaru Dedy Corbuzier, tayang pada Selasa (05/01/2021).

Dr Tompi mengatakan, divaksin bukan berarti selamat dari Covid-19. Hal ini seperti yang kita ketahui di inggris sendiri sudah muncul varian Covid-19 yang baru dan WHO juga sudah mengeluarkan statement tentang 4 varian baru Covid-19. Sehingga kita belum mengetahui vaksin yang sudah datang di Indonesia beberapa hari lalu itu vaksin untuk varian apa.

Tapi, Dr Tompi juga menyatakan di podcast tersebut bahwa divaksin tetap ada gunanya untuk mencegah kita terkena Covid-19 varian tersebut atau mengurangi resikonya. Dr Tompi juga mengatakan kita bisa mengambil contoh varian lain dari Covid-19 yaitu pada selebriti Dewi Persik. Ternyata informasi tentang varian baru Covid-19 sudah keluar sejak lama, tapi masyarakat hanya menertawakan dan dianggap berlebihan.

Dr Tompi juga mengatakan bahwa virus itu bertipe self limited disease dan sempat menjadi kontradiksi ketika awal masuknya di Indonesia. Pada waktu itu eks menteri kesehatan pak Terawan agus putranto mengatakan kalau virus akan mati dengan sendirinya.

Dr Tompi mengungkapkan, bahwa betul virus itu akan mati dengan sendirinya tapi berbeda dengan virus Covid-19 yang bisa bertahan hidup tanpa perlu manusia atau hewan agar virus ini bisa bertahan hidup.

Selain itu, statement yang mengatakan Covid tidak akan menyerang ke orang relatif muda. Berbadan sehat dan tidak ada penyakit bawaan itu harus di hilangkan. Dr Tompi berpesan, jika anda tidak mempercayai penyakit ini keep it yourself atau jangan menghasut orang lain agar tidak percaya dengan penyakit tersebut.***

Reporter: Faqih Azzura

Berita terkait