Pasca Buranga, Menyusul Insiden ‘Bakar Mesin Genset’ di Tambang Ilegal Oncone Raya

  • Whatsapp
banner 728x90

PARIMO,- Pasca tragedi longsor menghantam wilayah Pertambangan Tanpa Izin (PETI) Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang telah merenggut nyawa korban beberapa hari lalu, kini menyusul sejumlah video memperlihatkan proses pembakaran mesin berjenis Genset yang diduga digunakan dalam proses pengerukan lahan di PETI Desa Oncone Raya, Kecamatan Tinombo Selatan (Timsel).

Dari video yang diterima Redaksi kailipost.com, terlihat pula salah satu fasilitas berada di pertambangan juga ikut dibakar. Bahkan dalam video itu memperlihatkan adanya lubang pengerukan di lahan Pertambangan berada di komplek Kelapa Tiga, Desa Oncone Raya ini.

Berdasarkan pejelasan warga, bahwa pembakaran yang dilakukan pada Minggu (28/02/2021) sekitar pukul 11.29 WITA tersebut adalah bentuk kemarahan masyarakat atas kegiatan tambang di wilayah dusun VI, Desa Oncone Raya, Timsel karena dianggap telah merusak lingkungan.

Tampak foto kawasan lokasi Tambang Ilegal di dusun VI, Desa Oncone Raya/Sumber foto: IST

”Ya Allah, lokasi Tambang Kelapa Tiga. Rusak apa-apa. Hancur,” keluh seorang warga sambil mengambil video di memperlihatkan lokasi Pertambangan Ilegal.

Di lokasi itu juga telah ditemukan sebanyak 11 mesin peralatan yang disebut-sebut digunakan untuk operasional tambang tanpa izin. Bahkan dari pengakuan warga ke Redaksi, terdapat pula 1 Eksavator di lokasi tersebut, namun kini alat berat itu sudah di turunkan ke dusun VI dan diparkir samping rumah milik warga.

”Di lokasi tambang ilegal tersebut warga menemukan beberapa alat mesin, jumlahnya sekitar 11 Mesin. 1 buah mesin Genset dan 10 buah mesin jenis lainnya. Total jumlah ada 11 mesin,” tandasnya.***

Reporter: Supardi

Pos terkait