Sampah, Dominan Dilaporkan Warga di Laman ‘Lapor Pak Wali’

  • Whatsapp

Palu,- Ekspektasi warga Palu untuk menata (dekorasi) kotanya bersih dan indah cukup besar. Atau sebaliknya? Menilai urusan sampah hanya tanggung jawab pemerintah.

Buktinya, laporan warga di laman ‘Lapor Pak Wali’ di website yang resmi dibuka Wali Kota Hadyanto Rasyid didominasi soal sampah. Demikian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Palu, Ikhsan Hamsah kepada kailipost.com Jumat 23 April 2021 usai mengikuti rapat paripurna dengan Dekot.

‘’Sementara ini, laporan yang mendominasi dari masyarakat ke situs lapor walikota, tentang masalah persampahan,” ungkapnya.

Menurutnya, semua laporan yang masuk ke situs tersebut, diteruskan kepada instansi terkait. Untuk segera ditindak lanjuti. Dengan menerjunkan personilnya ke lokasi yang menjadi aduan dari masyarakat.
Namun katanya, laporan yang masuk akan diverifikasi terlebih dahulu. Apakah hal itu hanya hoaks atau bener-benar terjadi. “Sekecil apapun laporan masyarakat, harus disikapi dengan baik dan bijaksana oleh OPD terkait,” terangnya.

Selain itu, Diskominfo juga menjaga kerahasiaan masyarakat yang melakukan aduan ke situs lapor walikota.
“Bagi masyarakat tidak usah takut untuk melaporkan ke situs lapor walikota. Karena laporanya bisa membuat dirinya tidak nyaman. Kerahasiaan masyarakat terjaga dengan baik,” jelasnya.
Tujuan peluncuran situs lapor Walikota guna membantu kinerja pemerintah. Dalam menjadikan Kota Palu lebih baik lagi.
Atas nama pemerintah Kota Palu, dia berharap agar situs tersebut dapat dimanfaatkan oleh segenap masyarakat. Sehingga antara Pemkot dan warga bergandengan tangan dalam menjalin kemitraan yang sejajar. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait