Gempa Jelang Dhuhur : 2,9 SR Teluk Palu

banner 780x80

Palu – Trauma akan bencana 28 September tiga tahun lalu kembali terjadi warga Palu. Pukul 11.31 Wita tanah tiba – tiba bergetar kencang dirasakan warga Palu Selatan, Palu Timur dan sekitarnya. Gempa menurut BMKG Mag. 2.9, 25-Mei-21 11:31:39 WITA, Lokasi : 0.86 LS – 119.85 BT (Teluk Palu, 5 km arah baratlaut Palu), kedalaman : 7 KM, dirasakan II-III MMI di Palu.

Pusat gempa diketahui berada di teluk Palu akibat adanya aktivitas seismik sesar Palu Koro. Gempa terjadi di kedalaman 7 km, pada koordinat 0.86 Lintang Selatan (LS) dan 119.85 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter, titik ini merupakan lokasi patahan sesar Palu Koro. Sementara kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena kedalamannya berada kurang dari 70 km dari permukaan bumi.

Bacaan Lainnya

Meskin hanya bermagnitudo (M) 2,9, namun dengan kedalam yang cukup rendah 7 Km, membuat gempa ini sangat dirasakan di Kota Palu dan sekitarnya.

Pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa. Masyarakat dihimbau tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Sumber: BMKG

Pos terkait