Gol Timnas CR7 Nobatkan Dirinya Top Skor Euro, Lionel Messi Bisa Apa?

  • Whatsapp
Sumber: Twitter/UEFA
banner 728x90

Cristiano Ronaldo kini berstatus sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa dan Liga Champions. CR7 mengemas dua gol saat Tim Nasional (Timnas) Portugal menang 3-0 atas Hungaria di laga perdana Grup F Piala Eropa 2020, Rabu (16/6/2021) dini hari WITA.

Tambahan dua gol menjadikan CR7 mengoleksi 11 gol, sementara di Liga Champions, Cristiano Ronaldo mengemas 134 gol dari 176 pertandingan. Tulis the athletic.com. Rekor ini melampui catatan yang dilakukan Michael Platini. Platini melesakkan 9 gol di Piala Eropa yang seluruhnya dibuat pada Piala Eropa 1984.

Bukan saja Gol CR7 di laga perdana Rabu lalu itu rekor yang dibuat. Penampilannya menjadi pemain pertama yang menciptakan gol selama lima kali keikutsertaannya di Piala Eropa, yakni 2020, 2016, 2012, 2008 dan 2004.

Tidak sampai di situ, Cristiano Ronaldo juga di ambang memecahkan rekor sebagai pesepakbola dengan gol terbanyak di level internasional (negara). Cristiano Ronaldo yang mengemas 106 gol, hanya terpaut tiga gol dari sang pemegang rekor asal Iran, Ali Daei. Melihat catatan di atas, Cristiano Ronaldo layak mendapat apresiasi. Sebab, tak mudah untuk mencapai status di atas. Bahkan pemain sekelas Lionel Messi (Barcelona dan Timnas Argentina) tak bisa melakukannya.

Dikutip dari Okezone, kita bahas catatan gol Lionel Messi di Liga Champions. La Pulga –julukan Lionel Messi– mencetak 120 gol dari 149 penampilan Liga Champions. Lionel Messi menduduki posisi dua sebagai pesepakbola dengan gol terbanyak di Liga Champions di bawah Cristiano Ronaldo.

Kemudian soal gol jumlah gol di level tim nasional, Lionel Messsi hanya menduduki posisi 12 dengan koleksi 73 gol. Lionel Messi terpaut 33 gol dari Cristiano Ronaldo di tempat kedua, dan tertinggal 36 bola dari Ali Daei di posisi puncak.

Bagaimana catatan gol Lionel Messi di Copa America, turnamen yang levelnya setara Piala Eropa? Semenjak turun di Copa America 2007 bersama Argentina, Lionel Messi mengemas 10 gol.

Lionel Messi terpaut tujuh gol dari top skor sepanjang Copa America yang ditempati Norberto Mendez (Argentina) dan Zizinho (Brasil). Jika melihat catatan di atas, Cristiano Ronaldo dominan atas Lionel Messi.

Namun, di sejumlah catatan individu lain, Lionel Messi yang balik mengungguli Cristiano Ronaldo. Salah satunya adalah jumlah trofi Ballon dOr Lionel Messi yang mencapai enam trofi, unggul satu gelar dari Cristiano Ronaldo. ***

Penulis: Iksan Madjido

Berita terkait