Kualifikasi Piala Dunia 2022 Indonesia vs Thailand, Witan Sulaeman Akan Beraksi Malam Ini

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Jadwal Timnas Indonesia vs Thailand dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G bakal dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) malam mulai pukul 24.45 WITA.

Salah satu pemain asal Palu, Witan Sulaeman bakal diturunkan pelatih Shin Tae-yong.

Untuk lolos ke fase berikutnya, peluang Timnas Indonesia sudah tertutup. Di 5 pertandingan sebelumnya kala masih dibesut oleh Simon McMenemy, pasukan Garuda selalu menelan kekalahan. Akibatnya, Indonesia kini terpuruk di dasar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G tanpa mengumpulkan sebiji poin pun.

Babak selanjutnya bakal meloloskan dua tim, yakni juara grup dan runner-up. Pemimpin klasemen Grup G di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia saat ini ditempati oleh Vietnam dengan koleksi 11 poin, serta Malaysia di urutan kedua dengan 9 poin, disusul oleh Thailand (8 poin), UEA (6 poin), dan Indonesia (tanpa poin). Timnas Indonesia yang kini diarsiteki oleh pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong, sudah berada di UEA sejak pertengahan Mei 2021 lalu dan telah menjalani dua laga uji coba internasional sebagai persiapan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Dua laga pemanasan Timnas Indonesia tersebut adalah melawan Afghanistan dan Oman. Hasilnya, skuad Merah Putih menelan dua kekalahan, yakni 2-3 dan 1-3.


Pada laga kontra Thailand malam ini seperti dilansir Okezone, Shin Tae-yong, kemungkinan menurunkan formasi 4-2-3-1. Kenapa pola 4-2-3-1 condong dipilih Shin Tae-yong? Hal itu dimaksudkan untuk mengimbangi lini tengah Thailand yang dikenal agresif. Kemungkinan besar, pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, juga menggunakan formasi 4-2-3-1 dalam laga ini.


Dalam formasi 4-2-3-1, posisi penjaga gawang akan dipercayakan kepada Muhammad Riyandi.
Namun, posisi penjaga gawang Barito Putera ini bisa digeser Nadeo Argawinata jika di hari pertandingan, kiper milik Bali United ini pulih dari cedera. Sekadar informasi, Nadeo sempat ditarik di tengah laga uji coba Indonesia vs Oman setelah berbenturan dengan pemain lawan.


Kemudian, posisi empat bek sejajar akan ditempati Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Andy Setyo dan Pratama Arhan. Ke mana Asnawi Mangkualam? Pemain milik klub Ansan Greeners ini kondisinya dipertanyakan.


Sebab, Asnawi Mangkualam yang baru masuk di awal babak kedua laga Indonesia vs Oman, kemudian digantikan Firza Andika di menit 77. Untuk menggantikan Asnawi Mangkualam, posisi fullback kanan akan ditempati Rifad Marasabessy.


Selanjutnya untuk posisi gelandang double pivot, Evan Dimas dan Ady Setiawan dapat diandalkan. Untuk posisi winger kanan Egy Maulana Vikri bisa dimainkan sedangkan Witan Sulaeman bisa beroperasi di sisi sebelahnya.


Bagaimana untuk posisi second striker? Gelandang Bhayangkara Solo FC, Adam Alis, bisa diandalkan untuk mendukung penyerang tunggal Muhammad Rafli.


Kemenangan merupakan kewajiban bagi Timnas Indonesia. Selain demi memperbaiki posisi di ranking FIFA, kemenangan juga membuka peluang Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sekadar informasi, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia juga sekaligus kualifikasi Piala Asia 2023.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Thailand:
(4-2-3-1): M. Riyandi; Rifad, Irianto, Andy Setyo, Pratama Arhan; Ady Setiawan, Evan Dimas; Egy, Witan Sulaiman, Adam Alis; Muhammad Rafli.***

Reportase: Ikhsan Madjido

Berita terkait