Polres Palu: Begal dan Premanisme Dipicu Narkoba

Palu– Kepolisian Resor (Polres) Palu menyebutkan, pemicu pelaku begal dan premanisme dikarenakan oleh narkoba. Apalagi, bukan hanya narkoba. Tak hanya itu, jalan yang minim penerangan di malam hari juga menjadi penyebabnya.

“Pelaku kejahatan rata-rata adalah pengguna narkoba. Pelaku juga didominasi oleh remaja. Habis kita tes urin, banyak yang positif. Rata-rata masih remaja umur 20 tahun ke atas bahkan ada yang 18 tahun,” kata Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal, S, IK, melalui Paur Humas Polres Palu, Aipda Kadek Aruna, Rabu (23/6/21).

Baca Juga

Lebih lanjut, Kadek menjelaskan, jalan yang minim penerangan juga menjadi tempat favorit pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Hal itu, kata Kadek, dikarenakan tindak kejahatan selalu terjadi di tempat gelap dan sepi.

Maka, kata Dia, sejauh ini Polres Palu selalu berupaya memberantas tindakan kejahatan bahkan premanisme. Patroli pun selalu dilakukan setiap hari selama 24 jam.

“Kami berharap, pihak terkait dapat mengaktifkan kembali lampu jalan yang mati. Dan juga, kepada seluruh orang tua untuk memantau aktivitas anaknya, baik di rumah maupun di luar rumah. Mari kita bersama-sama berantas premanisme terutama begal,” tandasnya. ***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait