Prof Dr Muh Nur Ali Diterima Sebagai Anggota Dewan Profesor

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu- Prof Dr Muh Nur Ali, M. Si, Kamis (10/6/21) diterima sebagai anggota Dewan Profesor oleh Dewan Profesor Universitas Tadulako (Untad), yang bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad. Penerimaan dilakukan oleh Ketua Dewan Profesor Prof Merry Napitupulu, M. Sc., Ph.D, setelah mendengarkan pidato penerimaan yang disampaikan oleh Prof Muh Nur Ali, mengenai Psikologi Kontemporer, Melintas Batas Epistemologi, Teori dan Terapan.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz, MP, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Prof. Muh Nur Ali, atas raihan jabatan Profesor, yang diraih pada tahun 2021. Rektor mengatakan, kehadiran sosok profesor sangat dinantikan oleh Untad secara institusi.

“Beliau ini adalah profesor pertama Untad di tahun 2021. Tentunya menjadi doa kita bersama, semoga ke depan ada profesor-profesor berikutnya yang mampu memberikan arti penting bagi perkembangan institusi ini,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, kehadiran Prof Muh Nur Ali sebagai salah satu dari dua profesor baru di FISIP Untad terjadi di waktu yang tepat, di saat usulan pengembangan untuk program S2 dan S3 Ilmu Sosial. Menurutnya, kehadiran profesor baru ini, sangat mendukung upaya pengembangan tersebut.

Dilain kesempatan, dalam pidatonya, Prof Muh Nur Ali yang meraih jabatan profesor dalam bidang psikologi sosial, mengatakan, ruang lingkup pidato ilmiah ini tentang psikologi Kontemporer dalam dimensi filsafat, teori dan terapannya dalam multi situs dan domain kompleks.

Psikologi yang yang masuk kedalam rumpun ilmu sosial adalah kejiwaan yang tidak mempelajari tentang sel didalam sistem organisme tubuh, melainkan mempelajari respons-respons yang digerakkan secara sistemik olehnya.

Lebih lanjut, katanya, psikologi sosial perlu didorong selangkah lebih maju menjadi ilmu terapan, agar ikut andil dalam pemecahan masalah, yang saat ini telah berdimensi makro. Perkembangan peradaban saat ini kata dia, merupakan realitas yang membutuhkan imperasi baru, yang kelahirannya dibidani oleh insan-insan akademik.

Prof Muh Nur Ali dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas capaian tersebut. ***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait