Serah Terima Jabatan Gubernur, Cudi Disambut Demo

  • Whatsapp
Demo Masyarakat Loli saat Serah terima jabatan gubernur tuntut penyelesaian dana stimulan @Kailipostcom/ Ft: Windy Kartika
banner 728x90

Palu,- Pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2018, hingga saat ini terhitung sudah tiga kalender berganti. Namum proses penanggulangan pasca bencana yang telah memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi meninggalkan banyak sekali problem yang jauh dari kata selesai.

Hari ini masyarakat Kabupaten Donggala khususnya di tiga desa Loli Dondo, Loli Pesua dan Loli Tasiburo, mengadakan aksi demo di depan Kantor Gubernur, tetap disaat pelaksanaan serah Terima jabatan Gubernur dan wakil gubernur. Aksi tersebut berkaitan dengan masalah huntap dan stimulasi yang belum tuntas penyelesaiannya oleh Pemerintah Kabupaten Donggala.

Astita yang merupakan salah satu warga loli pesua mengatakan, tujuan dari kedatangannya ke kantor gubernur bersama dengan masa aksi lainnya yakni untuk meminta bantuan kepada Gubernur Sulawesi Tengah guna penyelesaian dana stimulan yang hingga hari ini tidak kunjung cair.

” Saya bersama teman dari desa Loli Pesua meminta segera cairkan dana stimulan kami, kita sudah lama menderita di Huntara tapi sampai tiga kali kita ganti kalender masih saja kita hidup di huntara. “Ujarnya Senin (21/06/2021).

Sementara itu Koordinator Aksi dari penyitas Putra mengatakan, sudah berulang diskusi dilakukan bersama pemerintah, namun dalam proses pelaksanaannya justru bermunculan masalah- masalah baru.

“Mulai dari data penyintas yang berantakan, lahan Huntap relokasi yang terindikasi merugikan uang negara karena berada di zona rawan bencana, pencairan dana stimulan yang diskriminatif dan menimbulkan konflik sosial antar warga, hingga minimnya sosialisasi terkait hak-hak pendataan Korban bencana yang berada di zona rawan bencana. ***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait