Habib Saggaf, Guru Para Ulama Berpulang

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Ketua Utama PB Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri meninggal dunia hari ini, Selasa (3/8/2021) Pukul 15:50 WITA. Sang Guru menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Sis Aljufri Palu setelah selama ini menjalani perawatan.

HS Saggaf Aljufri merupakan cucu pendiri Alkhairaat SIS Aljufri atau Guru Tua. Habib Saggaf Lahir 17 Agustus 1937 di Pekalongan pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah. Beliau anak sulung pasangan Habib Muhammad bin Idrus Al-Jufri dan Hababah Raquan binti Thalib Al-Jufri.

Kabar meninggalnya Habib Saggaf pada Umur 84 tahun, sontak saja membuat masyarakat Kota Palu turut mendoakan beliau. Ulama besar di Kawasan Timur Indonesia itu dikenal merupakan ulama karismatik.


Habib Saggaf tidak saja dihormati di kalangan umat Islam, tetapi juga disegani di kalangan non-Muslim. Dia mengajak kepada umat Kristiani untuk menjaga kerukunan beragama.


Begitu pula, ia mengimbau umat Muslim apabila ada perintah berpotensi kekacauan, maka harus ditolak. “Kalau ada sama kita, kita ‘hajar’ mereka!” tegasnya lagi.


Dia juga memuji umat Kristiani yang ada di Kulawi dan Palolo, yang turut menjaga Alkhairaat. Di Kulawi beberapa madrasah Alkhairaat memiliki guru dari agama Kristen.


Rencananya, jenazah Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri akan dikebumikan besok. ***

Reporter: Idham

Berita terkait