Kasus Covid-19 Perdos Untad Bukan Transmisi Lokal

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Pemerintah Kota Palu memastikan tidak ada penyebaran atau transmisi lokal virus Covid-19 di Perumahan Dosen Untad Palu.

dr Rochmat Yasin selaku Ketua Tim Surveilans Palu satgas covid-19 mengemukakan setelah dilakukan testing dan tracing di wilayah Perdos, dipastikan Perdos tidak mengalami transmisi lokal.
Berdasarkan data Tim Surveilans, sebanyak 1.962 warga Perdos yang telah dirapid tes antigen terdapat 44 warga yang dinyatakan reaktif positif covid-19.

“Secara keseluruhan warga yang reaktif positif covid-19 di Perdos hanya 2,24 persen dari 99,9 persen,” ujar Rochmat, di Palu (Senin, 23/8/2021) seperti dikutip dari Channel Sulawesi.

Secara epidemiologi bila angka reaktif covid-19 mencapai diatas 5 persen maka dipastikan akan ada transmisi lokal di wilayah tersebut, namun untuk Perdos masih dibawah 5 persen yang dipastikan tidak akan ada transmisi lokal.

“Rendahnya angka testing dan tracing di Perdos menggambarkan, warga Perdos yang meninggal covid-19 sebelumnya, kemungkinan tidak terpapar covid-19 di Perdos melainkan di tempat lain,” jelas Rochmat.

Langkah LME yang telah dilakukan Pemkot Palu untuk Perdos, sebenarnya mempermudah dalam hal testing, tracing, dan treatment, vaksinasi juga lancar akibta diberlakukan LME.
Lock Mikro Efektif (LME) yang diterapkan di Perumahan Dosen (Perdos) Universitas Tadulako (Untad) Palu hari ini Senin 23 Agustus 2021 dihentikan.

Namun, Pemkot Palu melalui dinas terkait masih terus memantau warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) dan menuntaskan proses vaksinasi. ***

Reporter: Zein Fatur Rahman

Berita terkait