Fisip Untad MoA dengan Media di Sulteng: Siapkan Mahasiswa Komunikasi Siap Pakai

  • Whatsapp

Palu,- Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Tadulako, Dr. Muhammad Khairil, S.Ag, M.Si ingin menjalin kerjasama yang lebih konkret dengan media-media baik cetak maupun elektronik yang telah menjadi mitra  secara khusus di Kota Palu Sulawesi Tengah lewat kesepakatan MoA.
 
Melalui kesepakatan MoA, Fisip Untad berharap media massa  bukan hanya sebagai wadah pemenuhan mata kuliah magang semata bagi mahasiswa namun lebih dari itu, media-media massa yang telah menjadi mitra dapat mencetak mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fisip Untad yang berkompeten dan siap kerja nantinya.
 
“Kita dan media bisa saling membutuhkan. Lewat program magang, kita membutuhkan dan berharap media sebagai sarana implementasi, yang nantinya akan menghasilkan output mahasiswa kita yang siap kerja dengan kinerja yang profesional nantinya. Kemudian media bisa saja menyerap dan menemukan tenaga kerja yang profesional,” ucap Khairil.
 
Hal ini ia sampaikan pada kegiatan penyerahan sertifikat penghargaan dan penandatanganan MoA antara Fisip Untad dengan beberapa media massa di Kota Palu yang selama ini dianggap telah sangat membantu Fisip Untad khususnya program studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) dengan berkenan menerima mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untad untuk melaksanakan kegiatan magang di tempat mereka.
 
Lewat MoA ini Fisip Untad juga ingin menguatkan komitmen bahwa ada kerjasama yang tertuang secara jelas dalam kesepahaman MoA tentang bentuk dan apa yang harus Fisip Untad dan media-media massal kerjakan bersama.

Bertempat di Aula Kecil Fisip Untad, Jumat (29/10/2021) Dekan Fisip Untad mengajukan kesepakatan MoA dan menyerahkan sertifikat penghargaan secara langsung kepada 17 media mitra di Kota Palu yang hadir memenuhi undangan termasuk dari PT. Trimedia KailiPost.
 
Pada kesempatan ini Dekan Fisip Untad turut didampingi oleh Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Untad, Andi Akifah, S.Sos, M.ICTM dan Wakil Dekan Bidang Keuangan Fisip Untad,  Dr. Ilyas, S.Sos, M.I.Kom.
 
“Pemberian sertifikat penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan syukur kami dari Fisip Untad atas bantuan dan kerjasama berbagai media di Kota Palu yang telah berkenan menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan magang di media-media tersebut” lanjut Khairil.
 
Kegiatan kali ini menarik karena langsung disertakan dengan pengajuan penandatanganan kesepakatan MoA kepada media-media mitra.
 
Khairil melanjutkan jika selanjutnya kerjasama dalam bentuk MoA yang telah diajukan ini disetujui oleh pihak media bersangkutan, maka pihak Fisip Untad akan dilakukan penandatanganan bersama.
 
“Kalau sekiranya media-media ini menyetujui, maka kita akan melakukan penandatanganan bersama dan kita akan kawal kerjasama ini dengan langkah-langkah konkret sesuai dengan yang tertanam dalam kerja sama itu” ujar Khairil.
 
Khairil juga menambahkan jika untuk penandatanganan MoA ini, ia tidak keberatan jika pihak Fisip Untad sendiri yang mendatangi pihak kantor media.
 
“Sisa menyesuaikan saja dengan waktunya tetapi proses penandatanganan MoA harus kita sepahamkan dulu isinya,” ujarnya.
 
Terakhir, Ia  juga bersyukur sekiranya Fisip Untad setelah sekian lama akhirnya bisa memberikan penghargaan kali ini secara langsung kepada media-media yang telah dianggap berjasa dan menganggap jika sudah selayaknya penghargaan ini diberikan kepada media-media yang selama ini telah memberikan kontribusinya untuk keberlangsungan mata kuliah magang program studi Ilmu Komunikasi Fisip Untad.
 
“Alhamdulillah, rasa syukur kami yang begitu besar. Sekian lama kami berharap bisa memberikan penghargaan dan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh rekan media, yang pada kesempatan ini bisa kami wujudkan. Tentu ini tidak  berakhir sampai di sini,  perjalanan masih panjang. akan banyak cerita panjang ke depan,” tutupnya.
 
Jurnalis Magang : Razly, Fredi, Novitariana
 

Berita terkait