Palu Bangga Miliki Pabrik Kelor Pertama di Asia Tenggara

Pali,- Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE melakukan kunjungan ke pabrik kelor di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu pada Minggu, 13 Februari 2022. Pabrik kelor tersebut bernama PT. Kelor Organik Indonesia yang merupakan pabrik kelor pertama di kawasan Asia Tenggara.

“Kami melihat langsung kawasan yang berkutat di industri Kelor. Melihat langsung seperti apa pabrik yang tengah dibangun,” ujar Wali Kota.

Ia telah menginstruksikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palu untuk melakukan penelitian dan kajian di lokasi tersebut.

Sebagai upaya melihat langsung potensi yang ada sehingga suplai bahan baku untuk pabrik ini bisa terpenuhi dan mendorong ekonomi masyarakat.

Menurut Wali Kota kebutuhan pabrik Kelor tersebut cukup besar, sekitar 45 kontainer perbulan, dan satu kontainer berisi sekitar satu 15 ton.

“Hasil produksinya sekarang baru satu ton. Artinya cukup besar devisit suplai produksi yang dibutuhkan oleh pasar,” ungkapnya.

Ia akan mendorong masyarakat Kota Palu untuk menanam Kelor, apalagi tanaman tersebut sangat cocok dengan struktur tanah di Palu.

“Kebutuhan airnya tidak terlalu besar, sehingga sangat memungkinkan ini menjadi pekerjaan dan penghasilan tambahan bagi masyarakat,” tambahnya. ***

Reporter: Zein Fathur Ramadhan

Berita terkait