Bagaimana Masyarakat Bisa Konsumsi Pangan B2SA, Diah Puspita Sosialisasikan Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Diah Puspita, S.AP. menghadiri kegiatan sosialisasi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Palu Timur pada Kamis, (17/3/2022).

Kegiatan yang dilakukan difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Keamanan Pangan Kota Palu ini dihadiri ibu-ibu PKK di wilayah setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Diah mengungkapkan bahwa sebelumnya masyarakat mengenal konsep “Empat Sehat Lima Sempurna” berisikan lima kelompok makanan yaitu (1) Makanan Pokok, (2) Lauk Pauk, (3) Sayur-sayuran, (4) Buah-buahan, dan (5) Susu.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, konsep 4 sehat 5 sempurna tidak lagi relevan sehingga muncul konsep baru yakni pedoman gizi seimbang yang diwujudkan melalui konsumsi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Hal ini disebabkan tidak ada satupun jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara lengkap, sehingga diperlukan kombinasi asupan berbagai jenis makanan dengan porsi tertentu sesuai dengan usia, jenis kelamin, berat badan dan kondisi fisiologis tertentu.

“B2SA ini lebih beragam lagi dari pada 4 sehat 5 sempurna. Karena disini terdapat beragam produk pangan yang seimbang dan aman,” katanya.

Ia berharap semoga dengan adanya program ini menjadikan masyarakat Kota Palu bisa lebih sehat dan pola makannya lebih baik. ***

Sumber/editor: palu ekspresi.com/riki

Berita terkait