Pemkot Palu Sediakan WiFi Gratis di 46 Kelurahan

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU– Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan fasilitas jaringan internet (WiFi) gratis di 46 Kelurahan se Kota Palu.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kominfo Palu, Nathan Pagasongan, Kamis (7/4/2022) di Palu.

Menurutnya, internet gratis tersebut bertujuan memberi akses jaringan secara luas kepada masyarakat di seluruh wilayah Kota Palu. Untuk titik penempatan modem WiFi lanjut mantan Kabag Humas Pemkot Palu tersebut, diatur masing-masing pemerintah kelurahan untuk menyesuaikan kebutuhan warganya di ruang terbuka.

“Agar mudah diakses oleh masyarakat, sebaiknya dipasang di ruang terbuka,” jelasnya.

Misalnya, penempatan modem WiFi di Kelurahan Mamboro yang diletakkan di ruang pertemuan (Bantaya) kantor kelurahan. Jaringan WiFi gratis di kelurahan tersebut, digunakan siswa-siswi salah satu SMP setempat untuk melaksanakan les bahasa Inggris dengan fasilitas WiFi tersebut.

“Selain itu masyarakat juga kerap datang untuk mengakses jaringan internet gratis ini,” katanya.

Hal itu juga terjadi di Kelurahan Besusu Timur. Fasilitas WiFi bagi publik ini dimanfaatkan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas akademik. Setiap kelurahan sebut Nathan, mendapatkan kuota sebesar 20 MBPS.

Masyarakat yang datang pun tidak perlu melakukan log-in menggunakan password. “Langsung konek ketika mereka berada dalam jangkauan WiFi,”sebutnya.

Layanan fasilitas internet gratis inipun sebagai bentuk dukungan Pemkot Palu terhadap pendidikan. Karena saat ini Kota Palu masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang menyebabkan sejumlah kegiatan belajar mengajar sekolah terpaksa dilakukan secara virtual.

“Murid-murid yang ingin belajar virtual dan kebetulan kehabisan data internet, maka bisa langsung mendatangi kantor kelurahan untuk mengakses internet,”paparnya.

Penyediaan fasilitas jaringan internet gratis bagi masyarakat ini tambah Nathan, mulai dilakukan sejak Februari 2022. Kini, seluruh kelurahan sudah memiliki fasilitas tersebut. Layanan ini merupakan kerjasama Diskominfo Palu dan PT Telkom Indonesia.

“Diskominfo menyewa bandwidth untuk ini. Semuanya dianggarkan di Diskominfo Palu,”katanya.

Sementara jika terjadi gangguan teknis, pemerintah kelurahan diminta melaporkan hal itu kepada pihak Diskominfo Palu agar secepatnya dikoordinasikan ke pihak PT Telkom untuk dilakukan perbaikan.

Wali Kota jelas Nathan, meminta seluruh pemerintah kelurahan untuk menginformasikan adanya fasilitas tersebut kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis tersebut sesuai keperluan.

“Karena saat ini Pemkot Palu juga tengah menggalakkan program city smart. Yang diharapkan fasilitas ini bisa mendukung program tersebut,” ungkapnya. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait