Jokowi Tak Disambut Pejabat Di As

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS, Selasa 10 Mei 2022 malam waktu setempat.-BPMI Setpres-
banner 728x90

Jogja- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Teuku Faizasyah menyayangkan pihak yang justru menyoroti hal-hal yang bersifat protokoler ketimbang esensi pertemuan negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat (AS).

Faizasyah juga mengungkapkan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersifat multilateral sebagai bagian dari ASEAN. Sehingga, perlu diperhatikan perbedaan antara protokol penyambutan untuk pertemuan yang bersifat bilateral dan semi multilateral.

Baca Juga

Diketahui, Presiden sedang melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, AS dalam rangka menghadiri ASEAN-US Special Summit atau KTT ASEAN-AS. Berdasarkan dokumentasi dari Sekretariat Presiden, tak tampak adanya penyambutan oleh pejabat AS saat Jokowi tiba di Washington.

Menurut Faizasyah, hal yang bersifat protokoler seperti ini tidak perlu menjadi hal yang dirisaukan. “Kita tidak melihat hal yang perlu dirisaukan,” katanya.Sebagai informasi, Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa 10 Mei 2022 sekira pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Dalam perjalanannya, Jokowi menempuh selama lebih kurang 24 jam penerbangan dari Jakarta dan harus transit terlebih dahulu di Amsterdam, Belanda.

Kemudian pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 itu mendarat di bandara milik militer AS.
Tidak sendiri, Jokowi akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN-AS ini dengan pemimpin ASEAN lainnya selama dua hari. ***

Editor/Sumber: Faqih Azzura/Tribunnews.com

Berita terkait