Gubernur Sulteng Kembali Tegaskan Agar Bupati/Wali Kota serta OPD Dampingi Warga Peroleh KUR BRI

  • Whatsapp
banner 728x90

SULTENG – Serapan Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI selang setahun (2021-2022) mencapai Rp2,5 triliun. Sementara plafon kerjasama antara Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah dengan BRI Cabang Manado serta Sulteng menyiapkan Rp5 triliun. Mengenjot tercapai serapan Gubernur Rusdy Mastura mengeluarkan surat kepada bupati/wali kota dan pimpinan OPD.

Surat tertanggal 2 Juni 2022 dengan nomor 581/163/Tu Pim itu ditekankan pendampingan dan rekomendasi kepada masyarakat yang mengajukan KUR di BRI. Isi surat gubernur sangat tegas. Semua kepala daerah dan OPD memanfaatkan fasilitas KUR, memberikan rekomendasi dan pendampingan.

Mengapa gubernur sampai mengeluarkan surat penegasan itu? Hasil evaluasi dan penyampaian keluhan warga langsung ke gubernur kemudahan fasilitas KUR. Kedua; Rusdy Mastura mengingatkan kepada kepala daerah kabupaten/kota dan OPD bahwa fasilitas KUR adalah wujud MoU antara Pemprov dan CEO PT BRI Cabang Manado.

Diketahui, Gubernur Rusdy Mastura sukses menurunkan angka kemiskinan Sulteng satu digit, selang enam bulan menjabat. Terobosan awal digandeng BRI fasilitas KUR untuk ‘menguyur’ modal pada UMKM. Tak tanggung-tanggung diteken Rp5 triliun disiapkan.

‘’Saya tegaskan agar bupati dan wali kota memberikan rekomendasi dan pendampingan pada pelaku usaha UMKM di wilayahnya. Permudah dan dampingi. Monitor terus sampai dimana apa kendalanya. Laporkan saya kalau ada bunga di atas 3 persen. Ini sangat jitu menurunkan angka kemiskinan karena menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat secara riel,’’ tegas gubernur kepada wartawan.

Cudy, sapaan akrab gubernur Sulteng, soal KUR dirinya kawal hingga dihadapan presiden Jokowi. Sejak dari Kabupaten Penajam Paser Kalimantan hingga pertemuan di Bali dengan presiden. Ia meminta presiden memperpanjang KUR hingga Desember 2022. Jokowi pun menyetujui dan memperpanjang hingga Desember.

‘’Kita bersyukur Bapak Presiden menyetujui usulan perpanjangan KUR. Semua daerah bersyukur. Ini peluang. Olehnya ini mesti dimanfaatkan. Ini sudah Juni. Sisa bearapa bulan lagi. Genjot, permudah, beri rekomendasi dan dampingi. Sekali lagi ini penegasan saya,’’ tandas gubernur. ***

Berita terkait