Infrastruktur Kepala Burung, Wagub Menerima Keluhan Komisi B DPRD Banggai

SULTENG – Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah saat ini menjaga keseimbangan pembangunan yang berkeadilan, utamanya infrastruktur. Sulteng, dengan jumlah wilayah luas 12 kabupaten dan satu kota. Komitmen Pemprov, kata Wakil Gubernur Ma’mun Amir bersama Gubernur Rusdy Mastura memberikan kosentrasi khususnya infrastruktur jalan sepanjang 208 KM di wilayah Kepala Burung Kabupaten Banggai.

Hal itu dikatakan Wagub ketika menerima jajaran Komisi B DPRD Banggai dipimpin Ketuanya Sukri Djalumang di ruangan Kamis 30 Juni 2022. Pembangunan jalan kepala burung dilakukan dengan bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran Pemprov. Untuk jalan – jalan ke kantong produksi, Wagub berharap dapat dicover oleh kabupaten.

Baca Juga

Mengapa pembangunan jalan di Bualemo terhambat, ungkap Wagub, akibat adanya kendala dari pihak tertentu yang mempersoalkan hal – hal terkait hukum. ‘’Jadi laporan Bina Marga dihentikan karena takut risiko hukum,’’ ujar Ma’mun.

Sedangkan Sukri menjelaskan banyaknya jalan provinsi di sekitar wilayah kepala burung. Salah satunya, jalan Siuna – Bualemo kenapa masih rusak. Jalan dibangun baru sampai Desa Tikupon.

Demikian juga dengan jalan sekitar Desa Bualemo ada lubang besar yang kini dimanfaatkan tindak kriminalitas. Begitu juga rusaknya Jembatan Desa Binsil, dan Lembah Tompotika serta Jembatan Samaku. ***

Berita terkait