Jokowi Bertemu Presiden Ukraina, Apa Saja Yang Dibahas?

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina, 29 Juni 2022. (Foto: Biro Pers Setpres)
banner 728x90

Jogja- Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.
Sejumlah hal menjadi poin pembahasan dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky. Berikut informasinya.

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Zelensky di Istana Maryinsky, Ktiv, Ukraina. Menurut keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Ukraina pada Rabu (29/8/2022) pukul 08.50 waktu setempat.

Jokowi berbincang-bincang dengan Zelensky di sebuah meja bundar di dalam Istana Maryinsky. Jokowi mengatakn jika kunjungannya adalah bentuk kepedulian Indonesia terhadap kondisi di Ukraina. “Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan pentingnya Ukraina dalam rantai pasokan pangan. Semua upaya perlu dilakukan agar Ukraina dapat kembali melakukan ekspor pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” ujar Jokowi. Tak hanya dampaknya, Zelensky dan Jokowi juga membahas soal rekonstruksi setelah perang.

Selama pembicaraan, kami membahas pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina dan melanjutkan ekspor produk pertanian, serta prospek rekonstruksi pascaperang Ukraina,” tulis Zelensky dalam akun Instagram miliknya @zelensky_official. ***

Editor/Sumber: Faqih Azzura/ Detik.com

Berita terkait