MTQ Sulteng ke 24 Diramaikan Pawai 13 Kontigen

reportase : kiky

LUWUK – Musabaqoh tilawatil quran atau MTQ Sulawesi Tengah ke 24 dimulakan di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai sore tadi, Jumat 22 Juli 2022. MTQ ke 24 dibuka oleh Gubernur diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Awaluddin MM. Sedangkan pawai kontigen dilepas Ketua PKK Sulteng, Vera Rompas.

Baca Juga

Hadir dalam acara itu sejumlah pejabat, termasuk Bupati Kabupaten Banggai Amirudin Tamoreka dan pejabat Muspida Banggai serta sejumlah Kepala Departemen Agama se Sulteng.

Disebutkan gubernur, MTQ jangan hanya dijadikan ajang ritual yang formalistik. Tidak membawa outcome atau asas manfaat pada tingkat riligiusitas dan prilaku atau akhlak umat. Di zaman rosulullah SAW, kata gubernur, orang yang membaca dan yang mendengar Al Qur’an sampai bergetar jiwa dan pada saat kemudian berubah akhlaknya.

‘’Biasakan dalam rumah rumah muslim melantunkan Al Qur’an. Atau biasakan memutar ayat – ayat Al Qur’an. Agar anak anak kita terbiasa mendengar, akhirnya akan belajar membaca dan pada akhirnya memahami dan berubah akhlaknya,’’ jelas gubernur.

Ke depan, mesti dipikirkan bagaimana agar MTQ tidak hanya menjadi ajang lomba keindahan melantunkan Al Qur’an. Tapi juga diinisiasi lomba yang lebih menarik minat generasi era digital. Bagaimana nanti pola, bentuk dan lombanya.

Dalam kesempatan itu juga MTQ ke 24 diramaikan dengan sejumlah kegiatan di kota Air Luwuk.***

Berita terkait