China Tembakan Rudal sampai AS Kirim Kapal Induk ke Dekat Taiwan

China menembakan sejumlah rudal hingga bikin geger Taiwan hingga Jepang meramaikan berita internasional pada Kamis (4/8). (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)

Jakarta,- Ketegangan antara China vs Taiwan masih mendominasi di berita internasional pada Kamis (4/8/2022).

Perkembangan invasi tentang Rusia ke Ukraina juga ikut meramaikan berita internasional kemarin.

Baca Juga

Berikut kilas berita internasional:

Kapal Induk AS Pantau Area Taiwan saat China Luncurkan Rudal Balistik

Gedung Putih menyatakan sejumlah kapal angkatan laut Amerika Serikat yang dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan akan tetap berada di wilayah Taiwan, setelah China meluncurkan rudal balistik di daerah tersebut.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Pentagon telah memerintahkan kelompok kapal induk Reagan untuk tetap berada di pangkalan area umum untuk memantau situasi.

“Kami tak akan terhalang untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat sesuai dengan hukum internasional, seperti yang telah kami lakukan selama beberapa dekade, mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Kirby dikutip AFP, Jumat (5/8/2022).

Zelensky Minta Tolong China Bujuk Putin Agar Setop Invasi ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berusaha mencari cara agar bisa berbicara dengan Presiden China Xi Jinping guna membantu membujuk Rusia mengakhiri invasinya yang telah berlangsung hampir enam bulan.

Dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post, Zelensky mendesak China untuk menggunakan pengaruh politik dan ekonominya yang besar atas Rusia untuk mengakhiri peperangan.

“(China)negara yang sangat kuat. Negara ekonomi yang kuat … Jadi (China) secara politik, ekonomi dapat mempengaruhi Rusia. Dan China (juga) adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB,” kata Zelensky dalam wawancara itu seperti dikutip Reuters pada Kamis (4/8/2022).

11 Rudal Dongfeng Diluncurkan China Dekat Taiwan

Kementerian Pertahanan Taiwan menyampaikan militer China telah meluncurkan total 11 rudal balistik Dongfeng ke perairan dekat pantai utara, selatan, timur Taiwan, dalam sejumlah tembakan.

Sebagaimana diberitakan Reuters, militer China sempat meluncurkan rudal dari wilayah dekat Kepulauan Matsu, Taiwan.

China sendiri mengadakan latihan militer pada hari ini, Kamis (4/8). Latihan itu dimulai sekitar pukul 12.00 waktu setempat. ***

Editor/Sumber: Rizky/cnn indonesia

Berita terkait