Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pamer Tiga Tahun Tak Impor Beras

  • Whatsapp

Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kebanggaannya terhadap Indonesia yang berhasil tak melakukan impor beras selama 3 tahun lamanya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR, di Gedung DPR/MPR, Jakarta hari ini, Selasa (16/8/2022).

“Untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam tiga tahun terakhir,” kata Jokowi.

Meski tak impor beras, namun RI berhasil menjaga ketahanan pangan nasional terbuti tak ada gejolak harga beras yang terjadi dalam 3 tahun belakangan.

Berkat keberhasilan tersebut, Jokowi memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilan mencapai ketahanan pangan.

“Alhamdulillah, kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019,” tuturnya.

Jokowi melanjutkan, keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras pemerintah mendorong pembangunan infrastruktur penunjang pertanian seperti bendungan dan irigasi yang digeber sejak periode pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada 2014 silam.

“Pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional,” tegas dia. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait